Di Metro, Angka Positif Covid-19 Bertambah Menjadi 17 Kasus

Angka Positif Covid 19 Metro Bertambah Menjadi 17 Kasus

Metro – Jumlah pasien positif Covid-19 Kota Metro terus bertambah. Terhitung sejak Senin, 14 September 2020, jumlah kasus positif Covid-19 bertambah 1 menjadi 17 orang. 

Penambahan kasus positif Covid-19 tersebut dialami oleh seorang warga asal Lampung Timur yang tinggal di kediaman saudaranya di Kecamatan Metro Timur. Pasien merupakan seorang laki-laki berusia 18 tahun berinisial PAS. 

Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Metro yang juga Penjabat Sekda Kota Metro, Misnan, menerangkan penambahan pasien positif Covid-19 tersebut diketahui berasal dari seorang warga yang tinggal di rumah saudaranya di Kecamatan Metro Timur sejak 1 tahun lalu.

Riwayat pasien ini pada 27 Agustus 2020 pulang ke Lampung Timur dan tinggal selama 5 hari. 

“Kemudian pada 1 September pulang ke Metro. Dan pada 8 September pasien melakukan tes rapid di laboratorium swasta dengan hasil reaktif. Lalu, pada 9 September rapid ulang di laboratorium swasta dengan hasil reaktif,” kata dia. 

Dia menjelaskan, pada 10 September pasien pulang ke Lamtim dan pada 11 September dilakukan swab oleh Dinkes Lamtim. “Hasilnya pada 13 September keluar dengan diagnosa positif Covid-19,” jelasnya. 

Dia menambahkan, pasien saat ini melakukan isolasi di Lamtim. Karena, jelas Misnan, sesuai dengan pedoman Covid-19 terbaru KMK No 413 tahun 2020 bahwa data konfirmasi positif masuk ke wilayah minimal 14 hari terakhir. 

“Jadi data pasien positif Lamtim ini masuk ke Kota Metro dengan nomor urut pasien bernomor 17,” tambahnya. 

Dia mengimbau kepada masyarakat Kota Metro untuk mengurangi aktifitas ke luar rumah. Selain itu, bila terpaksa harus ke luar rumah masyarakat diimbau untuk menerapkan protokol kesehatan. 

“Seperti dengan menjaga jarak, mengenakan masker, rajin cuci tangan, berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat,” kata dia. 

Diketahui, untuk saat ini jumlah warga Kota Metro yang terpapar positif Covid-19 ada 17 orang. Dari jumlah tersebut pasien 01 sampai dengan 08 sudah dinyatakan sembuh. Lalu, untuk pasien nomor 10 sampai dengan nomor 17 tengah menjalani isolasi. Selanjutnya, untuk 09 dinyatakan meninggal dunia setelah sempat menjalani perawatan intensif di RSUD Ahmad Yani Kota Metro. (LP)

Share