Di Pringsewu, Positif Covid-19 Bertambah 7

Pringsewu – Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di kabupaten Pringsewu terus bertambah. Sebanyak tujuh orang pasien positif baru tersebar di sejumlah kecamatan. Demikian dikatakan Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Pringsewu, Nofly Yurli, Senin, 9 November 2020.

Nofly mengatakan, ketujuh pasien positif covid-19 yakni Pasien 31 (P31) berinisial IH (49) perempuan warga Kecamatan Sukoharjo, P32 SU (43) laki-laki, P33 SR (22) perempuan warga Sidoharjo, P34 AM (10) perempuan warga Pringsewu Barat, P35 (38) laki-laki Pringsewu Selatan, P36 RN (31) laki-laki Pringsewu Barat, dan P37 NB (17) perempuan dari Amabarawa.

“Untuk P31 IH merupakan istri kepala Pekon Sukoharjo. IH pernah dirawat di salah satu klinik wilayah kecamatan Sukoharjo dengan keluhan pusing, mual, pusing kepala, lemas, dengan Hipertensi,” ujarnya.

Pada 5 November 2020, IH mengeluh sakit tenggorokan, sesak nafas, kemudian esoknya IH langsung dibawa RS swasta Pringsewu dan dilakukan swab I, karena tempat tidur penuh, IH di arahkan ke RSUD Pringsewu. Pada 6 November hasil swab sudah keluar dan menunjukan IH terkonfirmasi positif Covid-19. Saat ini pasien sedang disolasi di Rumah Sakit Umum Pringsewu.

Sementara untuk P32 SU (43) dan P33 SR(22) warga Sidoharjo merupakan hasil tracing kontak erat dari P23 TN.W, pada 2-3 November 2020 dilakukan pengambilan sampel swab dan dikirim ke Dinkes Provinsi Lampung. Pada 7 November, hasil swab keluar, P32 dan 33 terkonfirmasi positif Covid-19. Kondisi kedua Pasien saat ini baik dan melakukan isolasi mandiri di rumah.

Selanjutnya untuk P34 AM (10) perempuan, merupakan kontak erat dari P22, pada 8 November hasil tracing kontak erat P22, pada 31 Oktober dilakukan swab I dan pada 2 November dilakukan  swab ke II. Pada 7 November hasil swab keluar dan P34 dinyatakan Positif Covid-19. Saat ini P34  mengalami gejala ringan dan melakukan isolasi mandiri di rumah.

Kemudian untuk P35 MA (38) laki-laki warga Pringsewu Barat merupakan PNS tenaga kesehatan di Kabupaten Tanggamus, pada 27 Oktober pasien mengalami keluhan demam dan Sakit tenggorokan. Pada 2 November MA dirawat di salah satu RS Swasta Pringsewu. Lalu pada 4-5 November 2020 dilakukan pengambilan swab, dan pada 7 November hasil swab keluar MA (38) terkonfirmasi positif Covid-19. Saat ini MA diisolasi di salah satu Rumah Sakit di Pringsewu.

Nofly menambahkan untuk P36 RN (31) laki-laki warga Pringsewu Barat, pada 22 Oktober pasien menghadiri pesta di Kabupaten Tanggamus, keesok harinya RN mengeluh demam, batuk, sakit kepala dan diare. Pada 2 November berobat di RS Swasta Pringsewu, kemudian dilaporkan ke Dinkes Pringsewu untuk pengambilan swab I. kemudian pada 4 November dilakukan kembali untuk pengambilan swab ke II. Pada 7 November hasil swab sudah keluar dan RN dinyatakan terkonfirmasi Positif Covid-19.

Kemudian untuk P37 NB (17) lanjut dr. Nofly, merupakan perempuan, seorang penyanyi panggung asal kecamatan Ambarawa, pada 31 Oktober NB mengalami keluhan demam dan pada 2 November pasien kembali ada keluhan sakit tenggorokan dan Anosmia.

NB langsung datang ke bidan setempat dan dilaporkan ke Surveilens Puskesmas. Pada 3 November NB dilaporkan ke Dinkes Pringsewu dan dilakukan pengambilan swab I. Pada 4 November pasien dilakukan swab ke II dan dikirimkan ke Dinkes Provinsi Lampung. Pada 7 November hasil swab sudah keluar dan NB dinyatakan Positif Covid-19. Saat ini Pasien isolasi mandiri di rumah.

“Hingga saat ini jumlah kasus terkait covid-19 Kabupaten Pringsewu berjumlah 37 orang. Pasien yang sedang menjalakan isolasi 14 orang, selesai isolasi atau sembuh 23 orang,” ungkapnya. (LP)

Bagikan