Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Lampung Jalin Mou Dengan UTB

Img 20200629 Wa0065

Plt Kadis Nakeswan Lampung Lili Mawarti (kanan) dan Dekan Fakultas Peternakan UTB Novi Eka Wati saat MoU peningkatkan SDM. 

Bandarlampung – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi Lampung menjalin nota kesepahaman (MoU)  dengan Fakultas Peternakan Universitas Tulang Bawang (UTB) untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia peternakan, terutama bagi mahasiswanya.

“Kami berharap MoU ini dapat memberikan sumbangsih pemikiran dunia peternakan di Lampung,” kata Pelaksana Tugas Kepala Disnakeswan Lampung Lili Mawarti, di Bandarlampung,  Senin.

Menurut dia, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Tersebut, maka harus adanya peran aktif dari Kampus UTB, terutama dalam peningkatan bidang subsektor peternakan.

Ia mengharapkan dengan memberikan keilmuan secara langsung praktik kepada mahasiswa bisa diaplikasikan nantinya di tengah masyarakat. 

“Khususnya bidang peternakan mahasiswa setelah lulus dapat memberikan ilmu akademik kepada masyarakat, untuk bersinergi membangun Lampung sebagai lumbung peternakan,” katanya pula. 

Lili menjelaskan saat ini Disnakeswan Lampung ada 4 unit pelaksana teknis daerah (UPTD) Dengan harapannya bisa diaplikasikan ilmu yang didapat dari para mahasiswa. 

“Makanya ilmu yang didapat dari Disnakeswan ini bisa dipelajari oleh mahasiswa pada saat magang,” ujarnya lagi. 

Dia menambahkan ada beberapa item yang bisa dikembangkan oleh para mahasiswa, salah satunya yakni pengembangan pakan ternak.

“Dengan pendekatan daya dukung Disnakeswan diharapkan agar peningkatan kualitas layanan dasar bisa dicapai. Pengembangan berbasis iptek di bidang peternakan juga bisa dilakukan oleh para mahasiswa UTB,” katanya lagi.

Dekan Fakultas Peternakan UTB Novi Eka Wati mengharapkan kerja sama ini bisa meningkatkan pembangunan bidang peternakan.

“Kami dari akademisi UTB hanya bisa menyumbangkan saran dan buah pikiran dalam bidang penelitian (lemlit). Lalu ilmu pengetahuan bidang peternakan,” katanya pula.

Sebagai akademisi, pihaknya hanya bisa bersama membantu demi tercapainya kemakmuran sektor peternakan di Provinsi Lampung.

“Apapun kerja sama yang dilakukan ini seperti praktikum bagi mahasiswa juga bisa difasilitasi, di antaranya seperti mengikuti kegiatan apa pun yang dilakukan oleh Disnakeswan di desa binaan,” ujarnya lagi. (Ant)

Share