Dinkes: 30 Pasien COVID-19 Di Lampung Sembuh

Img20200816162655

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana di Bandarlampung, Minggu. 

Bandarlampung – Dinas Kesehatan Provinsi Lampung menyebutkan hari ini ada 30 pasien COVID-19 di wilayah itu dilaporkan sembuh sehingga total kumulatif orang yang telah pulih sebanyak  277.

“25 orang yang telah selesai isolasi diantaranya dari Kabupaten Pesisir Barat,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana, di Bandarlampung, Minggu.

Kemudian, lanjut dia, tiga orang dari Kota Bandarlampung dan masing-masing satu orang dari Kabupaten Mesuji dan Lampung tengah.

Selain itu, Reihana juga mengungkapkan bahwa di Lampung juga terjadi penambahan pada kasus kematian akibat COVID-19 sehingga total orang yang meninggal dunia hingga kini berjumlah 14.

“Pasien kita yang meninggal dunia yakni EA dari Waykanan usia 60 tahun meninggal pukul 4.30 WIB di Rumah Sakit Abdoel Moeloek (RSUDAM) dan pemulasaran jenazahnya dilakukan sesuai standar COVID-19,” kata dia.

Sedangkan, lanjut dia, untuk kasus konfirmasi positif COVID-19 di Provinsi Lampung  kembali bertambah sembilan orang, sehingga total kumulatif pasien positif di Lampung berjumlah 341 orang.

“Pasien positif baru ini merupakan warga  Kota Bandarlampung dan Kabupaten Lampung Selatan satu orang, kemudian tiga orang dari Kabupaten Lampung Utara dan empat lainnya dari Kabupaten Waykanan,” kata dia.

Ia menyebutkan bahwa tiga orang positif COVID dari Kabupaten Lampung Utara didapatkan dari hasil penelusuran (tracing) pasien nomor 325 yakni kasus nomor 334 laki-laki usia 56, kemudian kasus nomor 335 laki-laki 61 tahun dan kasus nomor 336 perempuan 21 tahun.

Sedangkan, empat orang dari Waykanan diperoleh dari hasil tracing pasien 324, yakni kasus nomor 338 perempuan 27 tahun, kasus nomor 339 laki-laki bayi 4 bulan, kasus nomor 340 perempuan 68 tahun dan kasus nomor 341 laki-laki 68 tahun.

“Tujuh orang ini dalam kondisi sehat dan tak bergejala dan sedang melakukan isolasi mandiri,” kata dia.

Sementara itu, untuk pasien dari Kota Bandarlampung yakni kasus nomor 333, yang bersangkutan saat ini sedang menjalani perawatan di rumah sakit swasta di kota setempat sebab memilki gejala demam, batuk dan pilek.

“Didapatkan dari pemeriksaan rumah sakit swasta saat berobat,” kata dia.

Kemudian, kasus nomor 337 dari Lampung Selatan merupakan seorang perempuan berusia 27 tahun, didapatkan dari hasil skrining tenaga medis di sana dengan hasil tes cepat (rapid tetap) reaktif dan dilanjutkan dengan tes usap (swab) dengan hasil positif COVID-19.

“Pasien ini tanpa bergejala dan dikakukan isolasi mandiri,”, jelasnya. (ANt)

Share