Disebut Berbahaya, Dulu Orang Dilarang Makan Popcorn hingga Pizza

Makanan Yang Dilarang 1

Jakarta – Banyak makanan dan camilan enak yang populer dulu sempat dilarang dimakan di beberapa kota hingga negara. Seperti pizza, popcorn hingga cheetos.

Meski populer dan digemari banyak orang di seluruh dunia, ada beberapa makanan dan snack enak yang sempat dilarang beredar karena beberapa alasan. Mulai dari masalah kesehatan hingga polusi lingkungan.

Seperti snack Cheetos contohnya yang populer sejak dulu di dunia, tapi sempat dilarang beredar di California karena dianggap merusak kesehatan. Ada juga kota kecil di Italia yang melarang peredaran pizza karena dikaitkan dengan polusi udara di sana.

Dilansir dari Listverse (109/09), berikut makanan populer yang sempat dilarang dimakan.

1. Popcorn

Makanan Yang Dilarang

Jadi camilan wajib saat nonton film hingga di karnival, popcorn ternyata jadi salah satu snack yang dulu sempat dilarang di banyak bioskop. Menurut sejarah yang ada, dulu bioskop pertama kali memutar film sunyi yang dibutuhkan ketenangan tinggi.

Orang-orang yang datang juga berpakaian rapih sehingga pihak bioskop mulai meletakan furniture mahal. Mulai dari sofa mewah hingga karpet yang tinggi harganya. Dari sanalah muncul peraturan dilarang memakan popcorn, karena takut butiran popcorn akan merusak interior mewah bioskop.

Tapi semakin berkembangnya waktu, banyak pemilik bioskop yang akhirnya sadar bahwa mereka bisa mengambil banyak keuntungan dari menjual popcorn. Kini popularitas popcorn sebagai camilan nonton film masih melekat hingga sekarang.

2. Pizza

Makanan Yang Dilarang 1

Pizza bisa disebut sebagai makanan utama hingga snack tergantung berapa banyak orang memakannya. Hidangan ikonik yang satu ini ternyata pernah dilarang beredar di Italia, tempat pizza berasal.

Di tahun 2015, kota San Vitalino di Italia mengalami polusi udara yang cukup parah karena asap tebal di sana. Ternyata asap tebal ini berasal dari pemanggangan pizza yang masih menggunakan kayu bakar.

Akhirnya warga di sana sepakat melarang pizza dengan oven kayu beredar. Tentunya hal ini memancing amarah dari pembuat pizza. Mereka menjelaskan bahwa polusi udara yang terjadi bukan berasal dari oven pizza, melainkan berasal dari gunung merapi yang tak jauh dari sana.

3. Susu Cokelat

Makanan Yang Dilarang 2

Pada akhir tahun 2019 lalu, sekolah Tempe Elementary School di Arizona memutuskan untuk melarang susu cokelat di lingkungan sekolah. Pihak sekolah menarik susuk cokelat karena dianggap tidak sehat.

Pihak sekolah menganggap bahwa susu cokelat mengandung banyak pemanis buatan yang bisa membahayakan kesehatan murid. Tak hanya sekolah Tempe saja, beberapa wilayah seperti Washington, D.C., Rochester, Minnesota, dan San Francisco juga melarang konsumsi susu cokelat.

Namun hal ini menimbulkan pro dan kontra di sana. Menurut perwakilan dari Pendidikan Kota New York, tindakan ini tak beralasan dan bisa membuat rugi banyak peternak susu di Amerika,

4. Flamin’ Hot Cheetos

Makanan Yang Dilarang 3

Pertama kali diproduksi di tahun 1948, Cheetos jadi cemilan populer yang mendunia hingga sekarang. Snack asal Amerika ini sempat mengalami masalah dan peredarannya dilarang.

Di tahun 1990-an, Cheetos edisi Flamin’ Hot yang terkenal pedas dilarang beredar di banyak kantin sekolah. Menurut pihak sekolah, Cheetos ini merupakan camilan yang tidak sehat dan tidak memiliki nutrisi. Warna merah di dalam camilan tersebut membuat warna lidah dan tangan anak-anak menjadi merah.

Bahkan dalam beberapa kasus, pewarna makanan ini menyebabkan anak-anak harus dilarikan ke rumah sakit karena dianggap mengalami alergi yang serius.

5. Kinder Eggs

Makanan Yang Dilarang 4

Kinder Eggs merupakan cemilan cokelat dan mainan yang berasal dari Italia. Namun peredarannya sempat dilarang di Amerika, karena camilan cokelat ini mengandung benda yang tidak berkaitan dengan makanan, yaitu mainan.

Pihak pengawasan makanan di Amerika menyebutkan bahwa ilegal untuk memasukkan benda ke dalam produk permen. Di mana Kinder Eggs selalu memasukkan mainan-mainan kecil sebagai hadiah di dalam produk camilan mereka.

Setelah berjalan alot, akhirnya Kinder Eggs boleh kembali beredar di Amerika pada tahun 2017 lalu. Setelah Kinder Eggs memisahkan produk cokelat dan mainan secara terpisah. (Dtk)

Share