DLC IIB Darmajaya Ajak Milenial Belajar Bahasa Prancis

Psx 20200613 145920

Bandarlampung – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya atau sering disebut Darmajaya Language Center (DLC) mengajak belajar bahasa Prancis kepada milenial di Lampung.

Keynote speaker yang merupakan Responsible Officer of Warung Prancis IIB Darmajaya Sherli Trisnawati, dalam zoom meeting dengan moderator Kepala UPT Bahasa IIB Darmajaya, Yan Aditya Pratama mengajak kalangan milenial untuk belajar bahasa Prancis.

Peserta zoom meeting itu para mahasiswa, pelajar, dan masyarakat umum.

Webinar ini juga dihadiri oleh mahasiwa asing dari Madagaskar yang aktif dalam menyuarakan ajakan belajar bahasa Prancis kepada khalayak. Dia adalah Tsiry Harison yang juga salah satu pengajar asing di Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung.

Sherli Trisnawati dalam paparannya menjelaskan belajar bahasa Prancis dengan membaca dan melafalkan alfabet. “Mulai dengan menyebutkan di sekeliling kita,” ujarnya pula.

Ia mencontohkan, seperti masakan Prancis ataupun hal yang kalian sukai. “Dapat menyebutkan buah-buahan, hewan, atau dengan mendengarkan lagu berbahasa Prancis juga dapat melatih dan mempelajari kata-kata yang disampaikan,” ujarnya lagi.

Mahasiswa asal Madagaskar Tsiry Harison menanggapi paparan pembicara menyatakan mempelajari bahasa asing, khususnya bahasa Prancis dibutuhkan waktu yang ekstra dan perlu juga kerja keras dalam memahaminya. “Tapi dalam pemaparan oleh Kak Sherli ini sudahlah tepat dan lengkap,” ujarnya pula.

Kepala UPT Bahasa IIB Darmajaya Yan Aditya Pratama mengatakan bahwa penggunaan bahasa internasional saat ini sudah menjadi kebutuhan utama bukan lagi pelengkap. “Ada beberapa bahasa yang kini harus dikuasai oleh kalangan milenial, seperti bahasa Inggris, Mandarin, Spanyol, Prancis, dan Korea. Terkhusus lagi bahasa Inggris sudah seperti mendarah daging di era milenial ini,” ujarnya lagi.

IIB Darmajaya sebagai kampus internasional juga terus meningkatkan kemampuan bahasa setiap mahasiswa.

“Mahasiswa juga belajar dengan keberadaan mahasiswa asing di kampus selama perkuliahan. DLC juga menyediakan kursus dan pelayanan baik akademis dan non-akademis kepada mahasiswa maupun umum untuk belajar bahasa Inggris, Mandarin, Arab ataupun bahasa lainnya dengan pengajar yang kompeten di bidangnya. Daftar di Kampus IIB Darmajaya tahun ini, dan jangan lupa belajar ke DLC untuk mendalami bahasa dan sharing dengan pengajarnya,” ujarnya pula. (Ant)

Share