Dokter Gedung Putih Nyatakan Trump Negatif COVID-19 Dan Tak Menular

Presiden AS Donald Trump melepas masker saat keluar di balkon Gedung Putih untuk berbicara dengan para pendukung yang berkumpul di South Lawn untuk kampanye yang disebut Gedung Putih sebagai “protes damai” di Washington, AS, (10/10/2020).

Washington – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dinyatakan negatif COVID-19 dan tak menulari orang lain, demikian dokter Gedung Putih pada Senin, 10 hari setelah Trump mengumumkan bahwa dia terinfeksi virus.

Dalam memo yang dirilis oleh Gedung Putih hanya beberapa jam sebelum Trump melanjutkan kampanye, Dr. Sean Conley mengatakan presiden terbukti negatif selama beberapa hari berturut-turut menggunakan kartu antigen Abbott Laboratories BinaxNOW.

Conley menyebutkan hasil tes negatif serta data laboratoritum dan data klinis lainnya “mengindikasikan sedikitnya replikasi virus yang terdeteksi.”

Tim medis Trump menetapkan bahwa berdasarkan data dan panduan Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) AS “Presiden Trump tidak menginfeksi orang lain,” kata Conley.

Trump kembali ke jalur kampanye pada Senin malam di Sanford, Florida, yang pertama sejak dia mengumumkan positif COVID-19 pada 2 Oktober.

Kritikus menyalahkan Trump lantaran tidak mengajak pendukungnya di acara kampanye, dan bahkan staf Gedung Putih, untuk menggunakan masker pelindung dan patuh pada aturan jaga jarak sosial. Sedikitnya 11 pembantu Trump juga tertular virus corona. (Ant)

Bagikan