Dua Warga Lampung Utara Positif Covid-19

Dua Warga Lampung Utara Positif Covid 19

Kota Bumi – Dua warga asal Kabupaten Lampung Utara terkonfirmasi positif virus korona atau covid-19, Sabtu, 13 Juni 2020. Satu di antaranya meninggal dunia.

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lampung Utara, Sanny Lumi, sekaligus Plt Kadis Kominfo mengatakan satu orang warga meninggal dunia akibat terpapar covid-19, sebelumnya berstatus pasien dalam pemantauan (PDP) sal Kecamatan Kotabumi.

Hal itu diketahui setelah keluar hasil swab test dari UPTD Balai Laboratorium Kesehatan Daerah (UPTD-Lamkesda) Provinsi Lampung, di Bandar Lampung, Sabtu, 13 Juni 2020.

“Pria paruh baya berstatus PDP itu meninggal pada pukul 13.00 tadi siang, setelah sebelumnya dirawat di RSUD Abdul Moeloek Bandar Lampung. Juga telah dilaksanakan pemulsaran sesuai SOP jenazah covid-19. Lengkap dengan pemulsaran, dan pemakaman dilakukan di lokasi disediakan pemerintah daerah di Desa Tanjungiman, Kecamatan Blambangan Pagar, setelah dijemput oleh petugas dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lampura,” kata dia mewakili Ketua Gugus Tugas, Budi Utomo, sekaligus Plt Bupati Lampura.

Warga (PDP) terkonfirmasi positif korona itu, menurutnya memiliki riwayat perjalan ke daerah Palembang, Sumatera Selatan. Bahkan sempat berdomisili di sana, dan dirawat di salah satu rumah sakit setempat. Namun oleh pihak keluarga dibawa pulang ke Lampura pada Senin 8 Juni 2020.

“Lalu, masuk ke RSU Handayani Kotabumi pada, Rabu, 10 Juni 2020, dengan keluhan batuk, pilek, demam, nyeri dan sariawan di sekitar mulut. Kemudian, dilakukan rapid tes dengan hasil reaktif, dan langsung dirujuk ke RSUD Abdul Moeloek. Kemudian, dilakukan swab tes,” terangnya.

Sementara lainnya, berstatus orang tanpa gejala (OTG) terkonfirmasi positif covid-19 asal kecamatan Abung Surakarta, Lampura (K#9 LU) karena kontak langsung dengan warga terkonfirmasi setempat lainnya (K#7 LU).

Setelah melalui penulusuran orang-orang dekat K#7 LU, maka dilakukan rapid tes dan hasilnya ternyata reaktif pada, Selasa 9 Juni 2020. Selang satu hari kemudian, dilakukan swab tes guna memastikan keadannya.

“Dan kita ketahui hasil positif, berdasarkan hasil pemeriksaan sampel hidung dan kerongkongan dengan hasil positif (swabtest),” tambahnya. (LP)

Share