Dukung Pengembangan Produksi Kopi Robusta, Pemkab-BI Berikan Bantuan Alat Pasca Panen

0
5

Waykanan, etalaseinfo.com – Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M didampingi Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Drs. Rusdi, M.M menghadiri Acara Penyerahan Bantuan Alat Pasca Panen Kopi Program Pengembangan UMKM Bank Indonesia di Lapangan Kampung Juku Batu Kecamatan Banjit, Kamis (08/08/2019) yang dihadiri oleh kepala dan unsur Inspektorat Daerah Kabupaten, Dinas Perkebunan, Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan, Dinass Ketahanan Pangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Komunikasi dan Innformatika, Dinas Sosial, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Satuan Polisi Pamong Praja, Bagian Humas dan Protokol, Kecamatan Banjit, Kecamatan Kasui dan Kecamatan Rebang Tangkas.

Dalam sambutannya, Bupati Adipati mengatakan telah ditandatangani Nota Kesepahaman (MoU) antara BI Perwakilan Lampung dengan Pemerintah Kabupaten Way Kanan untuk memulai program pengembangan UMKM Komoditas Kopi. Dan untuk kopi robusta merupakan salah satu komoditas unggulan perkebunan di Way Kanan yang masuk dalam rencana strategis Pemerintah Kabbupaten yang juga diharapkan mampu berkembang dan menjadi penggerak sektor ekonomi dan industri yang memiliki fungsi konservasi.

“Dengan adanya dukungan pihak BI Perwakilan Lampung dalam pengembangan SDM petani kopi telah terjadai peningkatan produktivitass mencapai 0,8 ton/hari/tahu serta mutu hasil kopi yangn semakin baik. Dan Alhamdulillah pada hari ini juga telah kita saksikan bersama keseriusan BI Perwakilan Lampung yang berperan aktif ikut serta memajukan serta meningkatkan kesejahteraan petani kopi di Kabupaten Way Kanan”, ujarnya

Selanjutnya, Raden Adipati Surya juga mengucapkan terima kasih kepada Bank Indonesia Perwakilan Lampung yangn telah membantu Kabupaten Way Kanan sesuai dengan visi misi Kabupaten Way Kanan yaitu Maju dan Berdaya Saing 2021.

“Harapannya sinergitas dan dukungan seluruh stakeholder dan jajaran Pemda Way Kanan khususnya Dinas trkait dapat bersama-sama fokus untuk memajukan daya saing komoditas kopi melalui kewenangan yang ada di unit masing-masing baik menangani dari dulu maupun di hilir”, pungkas Bupati yang juga mengatakan bahwa jika dilihat dari penanganan pasca panen dan produk olahan kopi bubuk yang semakin berkualitas, menunjukkan daya saing terhadap produk hasil kopi daerah lain.

Diketahui, pada acara tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan alat pasca panen kopi dari BI Perwakilan Lampung kepada Kelompok Tani yang diserahkan secara langsung oleh Kepala BI Perwakilan Lampung Budi Harto Setyawan. (Hms)