Empat Camat di Lampung Barat Lakukan Serah Terima Jabatan

Lampung Barat, etalaseinfo.com (SMSI) –  Berjumlah Empat Camat yang ada di Lampung Barat melakukan Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang beberapa waktu lalu telah melakukan pelantikan di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat.

Empat Camat yang melakukan Sertijab yakni, Camat Bandar Negeri Suoh (BNS), Kebun Tebu, Air Hitam dan Sumber Jaya yang dalam pelaksanaannya dilakukan di masing-masing kantor Kecamatan.

Camat BNS yang melakukan Sertijab yaitu Suryanto S.Pd digantikan Wahyudi Heru Iskandar S.Sos., pada Senin (2/6/2021) dan dihadiri Assisten Bidang Administrasi Umum Drs. Ismet Inoni, MM., mewakili Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus.

Sedangkan Camat Kebun Tebu, Agus Supriatna digantikan Ernawati, SE., pada (31/5/2021) dan dihadiri Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Ronggur L. Tobing, S.IP, M.Si.

Kemudian Camat Sumber Jaya, Ernawati SE., digantikan Dahlin, S.Pd, pada (31/5/2021) dan dihadiri Assiten Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Adi Utama.

Selanjutnya Camat Air Hitam, Dahlin S.Pd., digantikan Andy Cahyadi SH, MA., pada (31/5/2021) dan dihadiri Assiten Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Adi Utama.

Dengan dilakukannya Sertijab tersebut, Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus, melalui Staf Ahli dan Assistennya yang menghadiri kegiatan tersebut mengatakan, dalam penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan, pelaksanaan pembangunan wilayah dan kemasyarakatan, Camat dituntut untuk memahami serta menguasai wilayah secara cermat, akurat dan detail.

“Karena tanpa pengenalan dan penguasaan berbagai aspek wilayah, maka perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pengendalian pembangunan tidak akan mungkin dilakukan dengan hasil yang baik,” ungkapnya.

Hal tersebut bisa dilakukan bila camat rajin turun ke bawah. “Dengan cara itu, Insya Allah berbagai tugas saudara akan lebih mudah dilaksanakan,” terangnya.

Menurutnya yang tidak kalah penting ialah, seorang camat mesti memiliki kepedulian pada lingkungan yang ada di wilayah masing-masing, dicontohkan seperti tradisi gotong royong.

“Seperti halnya peningkatan kebersihan hingga mampu membangun tradisi gotong royong di pekon, sebagai seorang pimpinan wilayah kecamatan, saudara tidak hanya dituntut untuk menyelesaikan hal-hal administrasi saja, tapi camat juga harus mampu menyerap berbagai aspirasi masyarakat serta mampu memberikan solusi dari berbagai permasalahan di masyarakat,” paparnya.

Selain itu dalam melaksanakan tugas, harus mengedepankan etika moral, kejujuran, keikhlasan dan memiliki rasa tanggung jawab.

“Pelaksanaan tugas camat adalah terus melakukan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi baik keatas karena tugas saudara tidak lepas dari pantauan pimpinan, juga harus sinkron kebawah, terutama kepada aparatur bawahnya dalam hal ini peratin.

Jadikanlah peratin sebagai mitra kerja, sehingga pelaksanaan tugas saudara sebagai camat akan terbantu¬† dan tercapai secara optimal,” lanjutnya.

Terakhir, Parosil berpesan kepada para Camat untuk dapat bekerja sesuai tugas pokok dan fungsinya, serta diharapkan agar dapat mengemban pola keterbukaan dan keakraban sesama aparat maupun staf kecamatan, terlebih kepada masyarakat.(Kmf)

Bagikan