Epic Games Desak Apple Kembalikan Fortnite di App Store

6777cb75 99b7 4de9 A149 C8c7be26f05d

Jakarta – Epic Games masih mencoba membuat Apple mengembalikan ketersediaan aplikasi Fortnite untuk perangkat iOS. Pekan ini, perusahaan game tersebut mengajukan mosi untuk perintah pendahuluan terhadap pemblokiran Fortnite oleh Apple di iPhone dan iPad.

Mosi perintah ini menyebutkan bahwa lebih dari 116 juta gamer telah memainkan Fortnite di iOS, menjadikannya platform game terbesar, lebih besar dari basis pemainnya di Nintendo Switch, Xbox, PlayStation, PC atau Android.

“Semua yang dicari Epic adalah agar Pengadilan menghentikan Apple membalas dendam terhadap Epic karena berani menantang pelanggaran Apple,” demikian bunyi mosi yang diajukan ke Pengadilan Distrik Utara California tersebut, seperti dikutip dari CNN.

“Hari ini kami meminta Pengadilan untuk menghentikan Apple membalas Epic Games karena berani menantang kesalahan Apple sementara kasus antimonopoli kami dilanjutkan,” kata Epic Games.

Untuk diketahui, Fortnite diblokir di iOS sejak Agustus, tepatnya ketika Epic memperkenalkan cara baru bagi pemain untuk membeli mata uang dalam game secara langsung tanpa membayar potongan ke Apple atau Google sebesar 30%.

Langkah ini dianggap melanggar kebijakan App Store maupun Play Store, sehingga Fortnite ditarik dari dua toko aplikasi milik Apple dan Google tersebut. Epic kemudian menggugat Apple dan Google, menuding mereka melakukan praktik monopoli.

“Dalam klaimnya bahwa Apple memonopoli distribusi dan pembelian aplikasi iOS, Epic Games harus meyakinkan hakim bahwa itu (App Store dan Play Store) awal mula pasar,” kata John Bergmayer, direktur lembaga hak konsumen Public Knowledge.

Merespons hal ini, Apple merujuk pada pernyataan mereka sebelumnya yang mengatakan bahwa pengadilan merekomendasikan Epic Games untuk mematuhi pedoman App Store, namun Epic Games menolak.

“Kami harap kami bisa bekerja sama lagi, tapi sayangnya hal itu tidak memungkinkan pada saat ini,” kata Apple.

Sidang berikutnya atas gugatan Apple dijadwalkan pada 28 September. Sebelumnya, pada 24 Agustus, hakim memutuskan bahwa Apple tidak boleh memblokir platform developer Epic Unreal Engine, yang diandalkan banyak developer untuk membuat game di perangkat Apple, namun Fortnite tidak akan dipulihkan.

Keputusan itu berarti gamer Fortnite di iOS tidak dapat mengakses update terbaru game yang dirilis akhir Agustus. Sementara itu, Apple menyatakan bahwa kebijakannya adalah standar industri dan dimaksudkan untuk memastikan pengalaman aplikasi yang konsisten dan aman bagi konsumen. (Dtk)

Share