Epos Bruno Fernandes Bersama ‘Si Raja Comeback’ Manchester United

Manchester, etalaseinfo.com – Laga West Ham vs Manchester United pada pekan ke-11 Premier League, Minggu (6/12/2020) bisa dibagi dua dengan dua fase. Fase sebelum dan sesudah Bruno Fernandes berada di lapangan.

United menang dengan skor 1-3 pada laga di Stadion Olimpic London itu. Tiga gol Setan Merah dicetak Paul Pogba, Mason Greenwood, dan Marcus Rashford. Sedangkan, gol West Ham dicetak Thomas Soucek.

Pasukan Ole Gunnar Solskjaer pun melanjutkan catatan apik di laga tandang. Di Premier League, United selalu menang pada sembilan laga tandang terakhir.

United kini berada di posisi ke-4 klasemen Premier League dengan 19 poin. United kini hanya tertinggal tiga poin dari Chelsea yang berada di puncak klasemen. United masih punya satu laga ekstra.

Solskjaer secara sengaja tidak menurunkan Bruno Fernandes sejak menit awal. Pria asal Norwegia itu memainkan Donny van de Beek dan Paul Pogba untuk menggantikan peran gelandang asal Portugal.

“Bruno Fernandes mendapat tendangan saat melawan Southampton dan dia satu lagi pemain yang tidak ingin saya pakai, saya tidak memakainya,” kata Solskjaer sebelum laga.

Selain Fernandes, Solskjaer juga tidak memainkan Marcus Rashford sejak menit awal. Keduanya dinilai tidak cukup bugar.

Tanpa Fernandes, United tampil tumpul. Sepanjang babak pertama, United hanya melepas tiga shots ke gawang West Ham. United tak punya banyak imajinasi ketika melakukan serangan.

Solskjaer memainkan Fernandes di awal babak kedua. Donny van de Beek yang ditari keluar.

Dikutip dari Squawka, masuknya Fernandes segera mengubah jalannya laga. Pemain 26 tahun langsung memegang kendali permainan. 10 menit babak pertama bergulir, United sudah melepas tiga shots.

Fernandes membuat delapan peluang sepanjang 45 menit. Jumlah itu bahkan jauh lebih banyak dibanding jumlah peluang yang dikreasi semua pemain Manchester United lainnya yakni enam.

“Babak pertama berjalan buruk, dan tentu saja babak kedua jauh lebih baik dan kami mencetak gol,” ucap Solskjaer.

Manchester United punya pemain bernama Jesse Lingard. Sang pemain telah memainkan 133 laga bersama tim utama United di Premier League. Jesse Lingard mampu mencetak 18 gol dan 10 assist untuk United.

Jesse Lingard butuh enam tahun untuk bisa membuat 10 assist untuk Manchester United di Premier League.

Lalu, mari bandingkan dengan apa yang sudah dicapai Bruno Fernandes. Pemain asal Portugal itu hanya butuh 11 bulan untuk bisa melewati catatan assist Linggard. Fernandes kini sudah membuat 11 assist untuk Setan Merah.

Anthony Martial kembali menjadi sorotan. Pemain asal Prancis itu tampil mengecewakan saat United berjumpa PSG tengah pekan lalu. Situasinya tak jauh berbeda dengan laga melawan West Ham.

Anthony Martial, berdasarkan data Squawka, telah melepas sembilan shots tanpa mencetak gol di laga Premier League. Tidak ada penyerang dari klub ‘Big Six’ yang punya catatan lebih buruk dari Martial.

Martial sendiri tidak bermain penuh di laga melawan West Ham. Pemain 24 tahun mengalami cedera di babak kedua. Bukan hanya Martial, Edinson Cavani juga mengalami cedera.

“Edi harus absen karena cedera, semoga tidak terlalu buruk. Anthony juga harus diganti. Bruno adalah bagian dari tim ini dan 45 menit sudah cukup,” katanya.

Manchester United mengulang kisah di laga melawan Southampton saat bertemu West Ham. Setan Merah membuat fans mereka senam jantung dengan performa minor dan tertinggal lebih dulu, setelah itu baru bangkit.

Saat berjumpa Soton, United tertinggal 2-0 pada babak pertama. Akan tetapi, mereka mampu membalikkan kedudukan di babak kedua dengan mencetak tiga gol.

Situasi hampir sama terjadi saat United berjumpa West Ham. Mereka tertinggal 1-0 di babak pertama, lalu mencetak tiga gol di babak kedua.

Tercatat, United lima kali melakukan comeback pada musim 2020/2021. Semua terjadi di laga tandang. Tidak percaya? Selain laga melawan Soton dan West Ham, silahkan tengok laga melawan Brighton, Newcastle, dan Everton.

(BN)

Bagikan