Gajah Liar Dekati Perbatasan, Warga di Kawasan TNBBS Diminta Mengungsi

Gajah Liar Dekati Perbatasan Warga Di Kawasan Tnbbs Diminta Mengungsi

Liwa – Warga di Pekon Bumihantatai, Kecamatan Bandarnegeri Suoh, Lampung Barat, yang memiliki lahan garapan di sejumlah talang dalam kawasan TNBBS dan di sekitar perbatasan hutan rimba untuk segera mengurangi aktivitas di lokasi tersebut dan diimbau segera mengungsi. Sebab, rombongan gajah liar saat ini sudah mendekati kawasan tersebut.

Kepala TNBBS Resort Suoh, Sulki, meminta agar masyarakat dan aparat pekon setempat untuk segera menyampaikan kepada masyarakatnya untuk segera mengurangi bahkan bila perlu meninggalkan lokasi garapanya itu. Sebab, keberadaan gajah saat ini sudah mendekati perbatasan. 

Lahan garapan masyarakat dalam kawasan TNBBS perlu ditinggalkan untuk menghindari konflik dengan gajah itu ada di daerah Talang Curug Gading, Talang Lokasi, Talang Wahyu (Usup), Talang Harno, Talang Sodara, dan Talang Soleh. Masyarakat yang menggarap di lokasi tersebut perlu mengurangi atau meninggalkan lahannya itu untuk mewaspadai keberadaan gajah jangan sampai terjadi konflik dan hal yang tidak diinginkan.

“Penggarap talang-talang yang berbatasan dengan rimba agar mengurangi kegiatan atau menghentikan kegiatannya karena posisi gajah liar saat ini sudah dekat dengan Talang Wahyu dan Talang Lokasi. Jangan sampai ada hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Menurut dia, jarak keberadaan gajah terpantau sekitar 500 meter dari umbulan. Sementara umbulan tersebut berada dalam kawasan TNBBS masuk pada pal batas 4308 TNBBS.

Keberadaan rombongan gajah itu mendekati talang-talang tersebut terpantau sejak pukul 14.46 WIB, Selasa, 25 Agustus 2020.

Dia menambahkan untuk ntuk memantau dan memonitoring serta mengantisipasi kedatangan keberadaan gajah itu, pihaknya bekerja sama dengan Kasub Sektor Abu Bakar dan anggota serta Plt. Koramil Batubrak Robet dan anggotanya untuk menyampaikan imbauan kepada masyarakat. Intinya, agar masyarakat mengurangi kegiatan bahkan meninggalkan gubuk-gubuknya di kawasan tersebut dan mengungsi ke tempat yang lebih aman. (LP)

Share