Google Bangun Kota Kecil untuk Jadi Markas Barunya

Markas Baru Google 43

Jakarta – Google sedang berencana membangun kampus atau markas baru untuk pegawainya di Mountain View, California. Padahal, Google baru-baru ini mengumumkan pegawainya akan bekerja dari rumah hingga Juli 2021.

Markas baru yang diberi nama Middlefield Park ini bukan hanya sekedar tempat kerja. Memiliki luas lebih dari 40 acre atau 16 hektar, markas baru ini akan merupai kota kecil karena dilengkapi dengan perumahan, perkantoran, pertokoan, taman dan tempat berolahraga.

Dikutip dari The Telegraph, Minggu (6/9/2020) Middlefield Park Master Plan menjelaskan detail kampus yang terdiri dari perkantoran seluas 1,33 juta kaki persegi, pertokoan seluas 30.000 kaki persegi, 1.850 unit rumah, area untuk event seluas 20.000 kaki persegi, dan area terbuka seluas 12 acre.

Desain ini menggambarkan utopia yang dikelilingi pepohonan hijau nan rindang dengan alun-alun kota, lapangan sepak bola dan danau yang bisa digunakan untuk berenang dan main kayak.

Real Estate Director Google Michael Tymoff mengatakan, perusahaan ingin agar pegawainya pindah ke kota kecil ini, di mana banyak layanan dan kebutuhan bisa dicapai dengan jalan kaki dari tempat tinggal dan kantor.

Middlefield Park akan dimiliki oleh Google sepenuhnya, tapi sebagian besar ruang terbukanya bisa diakses oleh publik. Area itu termasuk beberapa taman, pusat rekreasi yang bisa menjadi lapangan sepakbola dan pusat akuatik.

Walau rumah-rumah di Middlefield Park dibangun untuk menjadi tempat tinggal pegawai Google, proyek ini juga dibangun untuk mengatasi krisis perumahan di San Fransisco. Nantinya 20% dari unit rumah yang dibangun akan didedikasikan sebagai perumahan terjangkau.

Rencana ini diumumkan hanya setahun setelah CEO Google Sundar Pichai mengumumkan perusahaannya akan menginvestasikan USD 1 miliar untuk membangun 15.000 rumah baru di San Fransisco Bay Area. Pichai mengatakan saat itu ada setidaknya 45.000 pegawai Google yang tinggal di Bay Area.

Selain Middlefield Park, Google juga memiliki proyek lain untuk semakin memperluas markasnya. Salah satunya proyek di selatan Mountain View yang memiliki luas lebih dari 80 acre dan akan diisi oleh hotel, taman, pusat transit dan gedung tinggi. (Dtk)

Share