Gubernur Arinal Dorong OPD Manfaatkan Teknologi Informasi

0
1

Bandarlampung, etalaseinfo.com – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mendorong organisasi perangkat daerah (OPD) untuk
aktif dalam memenuhi standar pelayanan publik dan menindaklanjuti laporan masyarakat, termasuk melalui pemanfaatan teknologi informasi.

Pesan Gubernur Arinal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto saat membuka Rapat Koordinasi Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah yang dihadiri Staf Ahli Menteri PANRB Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah Jufri Rahman, di Swissbell Hotel, Selasa (5/11/2019).

“Komunikasi dengan rakyat sangat penting dilakukan untuk bisa memahami keinginan mereka. Kalau komunikasi lancar dengan rakyat maka pemimpin akan bisa memahami,” jelas Fahrizal.

Menurut Fahrizal, kinerja instansi pemerintah di Provinsi Lampung harus dapat berjalan dengan efektif, efisien dan profesional. Penyelenggara pelayanan publik diharapkan semakin aktif dalam memenuhi standar pelayanan public dan menindaklanjuti laporan masyarakat.

“Pelayanan yang cepat, mudah dan nyaman menjadi tuntutan masyarakat, pemimpin birokrasi juga harus tanggap kepada permasalahan masyarakat dan banyak bekerja,” tambah Sekdaprov.

Sementara itu, Staf Ahli Menteri PANRB Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah Jufri Rahman mengungkapkan jika pelaksanaan rakor ini bertujuan untuk menyelarasakan persepsi guna mempercepat dan menyempurnakan reformasi birokrasi.

Ia mengatakan jika saat ini pelaksanaan reformasi birokrasi berjalan hampir 10 tahun namun hasilnya belum maksimal masih ada yang perlu dibenahi. “Kemenpan menyadari roadmap reformasi birokrasi progresnya belum secepat yang diharapkan.

Penyebabnya ada banyak hal, seperti perbedaan persepsi dan kondisi di masing-masing daerah . Hal tersebut yang akan dibenahi. Kita berharap melalui kegiatan ini dapat memperoleh masukan sehingga birokrasi kelas dunia pada tahun 2020 dapat terwujud,” ujarnya.

Rakor ini sendiri mengusung tema Peran Kepala Daerah dalam Upaya Mendorong Birokrasi yang Efektif, Efisen dan Profesional. Acara dihadiri unsur pimpinan OPD dan sejumlah kalangan terkait. (Isdi).