Gubernur Lampung Dukung Pengembangan Hortipark Pesawaran

Gubernur Lampung Dukung Pengembangan Hortipark Pesawaran

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat menunjukan hasil panen golden melon.

Bandar Lampung – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mendukung pemerintah Kabupaten Pesawaran yang tetap konsisten mengembangkan kawasan Hortipark Pesawaran sebagai wisata edukasi di bidang pertanian.

Hal ini disampaikan Gubernur Arinal saat melakukan panen perdana buah melon dan semangka di Hortipark Pesawaran, Desa Negerisakti, Kecamatan Gedongtataan, Kabupaten Pesawaran, Selasa, 18 Agustus 2020.

“Saya mengharapkan untuk kedepannya selain tanaman golden melon dan semangka, bisa juga ditanam aneka tanaman buah lainnya, karena bermanfaat dalam meningkatkan taraf hidup petani, sekaligus sarana edukasi bagi masyarakat Lampung, khususnya Pesawaran,” ujarnya.

Dengan adanya agrowisata ini, lanjutnya, menjadi suatu daya tarik agar banyak orang yang akan mengunjungi Kabupaten Pesawaran untuk mendapatkan pemahaman terkait tata cara penanaman buah melon dan semangka yang baik dan benar.

“Jadi bukan hanya wisata lautnya saja yang terkenal, tapi juga agrowisatanya juga harus terkenal. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian petani dan juga masyarakat yang berada di dekatnya,” kata dia.

Sementara itu, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan panen perdana dan pembukaan agrowisata melon-semangka ini merupakan salah satu bentuk sinergi antara Pemerintah Kabupaten Pesawaran dalam hal ini Dinas Pertanian dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) bersama dengan kelompok tani Barokah Kresna.

“Saya menyambut baik apa yang telah dilakukan oleh BUMD dan Kelompok Tani Barokah Kresna dalam upaya mengembangkan komoditas hortikultura yang penanamannya sudah dimulai dari bulan Juni, dengan luas tanam melon seluas 1 hektare dengan varietas rock, golden, dan sky. Sementara luas tanam semangka seluas 3,5 ha. Diperkirakan produksi melon sebesar 40-50 ton/ha dan semangka sebesar 15 ton/ha,” kata dia.

Dendi mengatakan adanya Hortipark Pesawaran ini merupakan langkah awal untuk menjadikan Kabupaten Pesawaran sebagai salah satu wilayah penghasil melon dan semangka yang diharapkan dapat berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan petani di Kabupaten Pesawaran.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur Lampung yang telah hadir bersama kita disini dan atas kesediannya untuk meresmikan pembukaan Agrowisata Melon Semangka,” pungkasnya. (LP)

Share