Hadiri Penyerahan KIS PBI APBN Periode IX dan X Tahun 2019 Zaiful Himbau Masyarakat Untuk Segera Aktivasi

0
6

Lampung Timur, etalaseinfo.com – Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari Memberi Sambutan dan melakukan penyerahan Kartu Indonesia Sehat secara simbolis dalam Acara Penyaluran KIS PBI APBN Periode IX dan X Tahun 2019 Kecamatan Bandar Sribhawono dan Kecamatan Mataram Baru yang diselenggarakan di Kecamatan Mataram Baru, Senin (23/09/2019).

seperti yang telah diketahui bahwa Penerima Bantuan Iuran (PBI) adalah peserta Jaminan Kesehatan bagi fakir miskin dan orang tidak mampu sebagaimana diamanatkan UU SJSN yang iurannya dibayari Pemerintah sebagai peserta program Jaminan Kesehatan. Peserta PBI adalah fakir miskin yang ditetapkan oleh Pemerintah dan diatur melalui Peraturan Pemerintah.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, M. Yusuf HR, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan, KMS Tohir Hanafi, Seketaris dinas sosial, Darmuzi,  Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan. mulyanda, Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Timur, Putri Ernawati Zaiful Bokhari, Camat Mataram Baru, Ismail beserta Forkopimcam, Camat Bandar Sribhawono, M. Saleh beserta Forkopimcam serta TKSK dari Kecamatan Mataram Baru dan Bandar Sribawono.

Dalam penyampaiannya Zaiful mengatakan bahwa program ini adalah salah satu program Pemerintah yang sangat penting dan bermanfaat. Ia juga mengingatkan kepada para penerima bantuan untuk segera mengaktifkan Kartu Indonesia Sehat di Puskesmas hal ini dilakukan untuk menghindari kadaluarsa nya kartu.

“Kegunaan Kis ini sangat penting untuk masyarakat kurang mampu yang ingin berobat, ini merupakan salah satu program pemerintah memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh rakyat indonesia, Saya berpesan kepada bapak ibu sekalian nanti setelah menerima kartu Kis ini agar nanti didaftarkan diaktifkan dipuskesmas, jangan sampai seperti kasus sebelumnya yaitu ketika tiba-tiba mau dipakai ternyata sudah kadaluarsa nha ini pentingnya melakukan aktivasi kartu Kis ini karna kalau dalam jangka waktu satu tahun tidak digunakan dia akan expired”.

Mengingat masyarakat Lampung Timur yang menjadi Penerima Bantuan Iuran (PBI) ini dilamtim jumlahnya sekitar 39 ribu sedangkan jumlah dari warga Kabupaten Lampung Timur sendiri sekitar 1 juta lebih Suami dari Putri Ernawati ini menjelaskan kepada warga bahwa dalam hal pelayanan kesehatan yang tidak tercover oleh KIS PBI ini Pemerintah Lampung Timur tidak tinggal diam dan sudah menyiapkan program.

“Mengingat masyarakat kita ini jumlahnya sejuta lebih dan masih banyak warga yang belum mendapatkan bantuan untuk itu Pemerintah Lampung Timur sudah menyiapkan program yakni terhadap warga Lampung Timur dimanapun yang berada di 24 kcamatan di 264 desa bagi yang tidak tercover Kis dan Bpjs maka Pemerintah Kabupaten Lampung Timur akan memberikan pelayanan jaminan kesehatan untuk berobat ditingkat pertama baik Puskesmas maupun RSUD sukadana dengan menujukkan Ktp dan Kk itu juga akan dilayani pemerintah secara gratis”.

Menutup sambutannya Bang Ipul mengharapkan kepada masyarakat untuk tidak mudah terpengaruh berita Hoax yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dan mengajak warga untuk dapat bersama-sama berpartisipasi membangun Kabupaten Lampung Timur.

“Mengingat sekarang ini kita tidak bias lepas dari pesatnya kemajuan teknologi saya menghimbau kepada bapak ibu sekalian untuk tidak cepat percaya pada berita hoax yang tidak bias dipertanggungjawabkan kebenarannya saya juga mengajak bapak ibu sekalian untuk berpartisipasi membangun Lampung Timur, tanpa dukungan antara pemerintah dan mayarakat semua ini tidak mungkin dapat terwujud karna sejatinya saya ini sebagai bupati adalah pelayan masyarakt pelayan bapak ibu semua”.(Humas)