Himbauan Kapolda Sumbar Agar Semua Pihak Harus Menjaga Suasana Kondusif Jelang Pemilu

0
3
Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal, saat membuka lomba burung berkicau di SPN Polda Sumbar, Padang, Minggu (14/4) (Ant)

Padang – Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Sumbar) Irjen Pol Fakhrizal, mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi kondusifitas daerah pada masa tenang Pemilu.

“Kemaren kita sama-sama sudah melewati hiruk-pikuk masa kampanye, sekarang waktunya untuk ‘cooling down’, me-refresh diri dan menjaga kondusifitas daerah,” kata Fakhrizal usai membuka lomba burung berkicau di Sekolah Polisi Negara Polda Sumbar, di Padang, Minggu.

Saat ini, masyarakat tinggal menunggu 17 April 2019 dan datang beramai-ramai ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing untuk menyalurkan hak suara. “Pemilu serentak pada 17 April di Sumbar harus sama-sama dijaga agar berlangsung lancar, aman, tertib, dan badunsanak,” katanya. Kapolda “Urang awak” itu juga menegaskan pihaknya akan terus melakukan pengamanan serta pengawasan secara maksimal.

Sementara Kepala Kejaksaan Tinggi Sumbar Priyanto yang juga hadir saat pembukaan lomba burung berkicau mengatakan hal yang sama. “Kami mengimbau agar masyarakat mematuhi aturan dan jangan ada yang terlibat politik uang (money politik), pengawasan tetap dilakukan,” ujarnya.

Sementara Komandan Lantamal II Padang Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman menyatakan kesiapannya dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu 17 April. “Dalam Pemilu kami sifatnya memberi bantuan dan itu sudah disiapkan, baik personel serta penyiagaan empat unit kapal perang yang ada di bawah Lantamal II,” katanya.

Pada bagian lain, lomba burung berkicau yang dilaksanakan oleh Sekolah Polisi Negara (SPN) untuk memperebutkan Piala Kapolda Sumbar, Kegiatan ini selain untuk mengakomodir warga serta komunitas pecinta burung berkicau, juga sebagai alternatif untuk mengisi masa tenang,” kata Fakhrizal.

Kepala SPN Polda Sumbar Kombes Pol Rifki Piliang meyebutkan peserta lomba mencapai 500 orang, datang dari Sumbar serta provinsi tetangga seperti Medan, Bengkulu, Jambi, dan Riau. Panitia menyiapkan sebanyak 24 kategori juara dengan total hadiah masing-masingnya puluhan juta rupiah.

Kegiatan juga tampak dihadiri pejabat utama Polda Sumbar, Kapolresta Padang Kombes Pol Yulmar Try Himawan, serta Kapolres dari daerah lainnya.(Ant)