HK Antisipasi Peningkatan Volume Kendaraan

Branch Manager PT Hutama Karya (HK) ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, Hanung Hanindito (Kanan) dan Branch Manajer PT HK Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, Yoni Satyo Wisnuwardhono (kiri) 

Bandarlampung – PT Hutama Karya (Persero) memprediksi akan terjadi peningkatan trafik kendaraan pada libur panjang dan cuti bersama pada 28 hingga 30 Oktober 2020.

Branch Manager PT Hutama Karya ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, Hanung Hanindito mengatakan, saat ini terdapat enam rest area yang sudah beroperasi, yaitu di KM 20B, KM 49A dan B, KM 87A dan B, serta 116A dan B.

“Semua rest area yang beroperasi ini sudah memperhitungkan faktor kelelahan pengendara. Dengan jarak yang kurang dari 50 kilometer antar rest area. Jadi masyarakat yang lelah dipersilahkan untuk beristirahat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” kata Hanung Hanindito, di Bandarlampung, Senin.

Sementara itu, Branch Manajer PT HK Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, Yoni Satyo Wisnuwardhono mengatakan, untuk transaksi pihaknya sudah memastikan ketersediaan uang elektronik dan petugas yang siaga lebih ekstra dari hari biasanya.

Sementara untuk rest area, saat ini terdapat tujuh rest area yang sudah difungsikan dan lima di antaranya sudah dilengkapi dengan SPBU yang juga menerapkan protokol kesehatan ketat.

“Prediksi peningkatan kendaraan mulai Selasa dan puncaknya hari Rabu sampai dengan Minggu dan kembali mengalami penurunan di hari Senin. Kira-kira 30-35 persen meningkatnya dibandingkan dengan libur pada Agustus kemarin,” katanya.

Sementara itu, terkait dengan ditemukannya ruas jalan yang berlobang serta jalan yang bergelombang sepanjang 10 kilometer di ruas jalan tol di KM 240A sampai dengan KM 250A, ia mengaku sudah melakukan antisipasi dan berkoordinasi dengan kontraktor pelaksana.

“Untuk jalan rusak dan bergelombang kita koordinasi dengan kontraktor pelaksana dan kita adakan perbaikan maskimal untuk melayani para pengguna jalan,” katanya. (Ant)

Bagikan