Ikuti Instagram, YouTube Rilis Saingan TikTok

0b207b81 155a 4257 9754 09072c9ce2f6

Jakarta – Pekan ini, YouTube secara resmi mengumumkan Shorts, fitur video pendek yang mirip dengan TikTok. Versi beta dari produk ini dijadwalkan rilis di India sebentar lagi.

Dikutip dari CNN Business, YouTube berencana menghadirkan Shorts ke lebih banyak negara dalam beberapa bulan ke depan, dan menambahkan sejumlah fungsi.

Disebutkan YouTube, Shorts akan menjadi tool buat para kreator konten membuat video pendek yang menarik menggunakan ponsel. Fiturnya antara lain menggabungkan beberapa adegan, menambahkan musik, menggunakan timer untuk merekam videos hands-free, pokoknya sangat mirip dengan TikTok.

Adapun alasan YouTube meluncurkan Shorts di India, tentu saja merupakan bagian dari strateginya menggaet pengguna. Untuk diketahui, sejak Juni lalu India melarang TikTok dan sejumlah aplikasi asal China lainnya karena alasan keamanan nasional.

Alhasil, para TikToker India mencari platform alternatif TikTok untuk bisa berekspresi dan berkreasi. Di sinilah YouTube melihat peluang mengakuisisi para TikToker untuk menggunakan Shorts.

YouTube bukan satu-satunya raksasa media sosial yang ikut-ikutan merilis aplikasi video pendek untuk menyaingi kepopuleran TikTok. Bulan lalu, Instagram mengumumkan Reels yang juga punya sejumlah fitur TikTok. (Dtk)

Share