India Menang Pantai Terbersih dan Teraman Dunia

New Delhi – India harus bangga setelah upayanya dalam menjaga lingkungan membuahkan hasil. Negara ini sekarang punya sertifikat Blue Flag. Apa itu?

Blue Flag merupakan penghargaan yang diberikan oleh United Nations Environment Programme (UNEP), World Tourism Organization (UNWTO), FEE, dan IUCN kepada negara yang memiliki pantai-pantai terbersih, teraman, dan ramah lingkungan di dunia.

Dikutip dari Financial Express, India adalah negara pertama yang memiliki sertifikat ini. Wah!

India memasukkan delapan pantai dalam satu upaya untuk memenangkan penghargaan ini. Delapan pantai tersebut adalah Radhanagar di Kepulauan Andaman dan Nicobar, Pantai Emas di Puri Odisha, Rushikonda Andhra Pradesh, Kappad Kerala, Ghoghla, Diu Shivrajpur Gujarat dan Pantai Kasarkod, serta Padubidri Karnataka.

Pantai-pantai di India sesuai dengan detail yang dibagikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup, Kehutanan dan Perubahan Iklim. Prestasi itu harus diacungi jempol.

“Ini prestasi luar biasa. Tidak ada Blue Flag yang pernah diberikan untuk delapan pantai dalam satu upaya,” ujar Menteri Serikat Pekerja, Prakash Javadekar.

Sebenarnya ada beberapa negara yang sudah berhasil memiliki Blue Flag, seperti UEA, Jepang, dan Korea Selatan. Namun mereka mendapatkannya untuk beberapa pantai dalam kerangka waktu 5-6 tahun, tidak sekaligus seperti India.

Pemerintah India bangga atas kehormatan ini. Pemerintah pusat berencana untuk melanjutkan program ini untuk 100 pantai serupa dalam 5 tahun ke depan. Obsesi ini dinyatakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup, Hutan dan Perubahan Iklim India.

India telah mulai mengembangkan pantai percontohan di pesisir tiap negara bagian pada tahun 2018. Kini upaya yang mereka lakukan sudah membuahkan hasil! Selamat ya India. (Dtk)

Bagikan