Ini 5 Daerah Penghasil Susu Sapi di Indonesia

Jakarta – Indonesia kaya akan susu sapi segar. Ada beberapa daerah di Indonesia yang dikenal sebagai penghasil susu sapi. Apa saja?

Konsumsi susu masyarakat Indonesia disebut terendah se-Asia. Menurut Data Badan Pusat Statistik tahun 2017, masyarakat Indonesia hanya mengonsumsi susu 16.61 kg susu per kapita per tahun.

Padahal banyak daerah di Indonesia yang merupakan penghasil susu sapi terbesar. Ada ribuan populasi sapi yang tersebar di berbagai daerah.

Dalam sehari saja ada yang menghasilkan hingga berton-ton susu. Produksi susu itu kemudian dikirim untuk memenuhi permintaan di perusahaan besar atau industri rumahan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 daerah Indonesia penghasil susu sapi.

1. Boyolali

Kabupaten Boyolali pernah disinggung oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai wilayah penghasil susu sapi terbesar di Indonesia.

Kabupaten yang berada di kaki Gunung Merapi dan Merbabu itu memang sudah lama terkenal dengan produk susu sapinya. Bahkan separuh lebih populer sapi perah di Jawa Tengah ada di Boyolali.

Mengutip dari detikFinance (05/11/18) data statistik menyebut bahwa populasi sapi perah di Jawa Tengah mencapai 138 ribu. Dari jumlah itu, 90 ribu di antaranya berada di Boyolali.

Dalam sehari, Boyolali bisa menghasilkan susu perah sebanyak 110.000 hingga 120.000 liter per hari. Susu itu kemudian disalurkan oleh Koperasi Unit Desa atau industri pengolah susu.

2. Kuningan

Kabupaten Kuningan, Jawa Barat juga tercatat sebagai daerah penghasil susu di Indonesia. Bahkan disebut-sebut terbesar ketiga dengan jumlah populer sapi sebanyak 6.000 ekor.

Hal tersebut tercatat dalam data Pertanian, Peternakan dan Perikanan (DP3) di kecamatan Cigugur, Kuningan. Dalam sehari, Kabupaten Kuningan bisa menghasilkan susu sebanyak 50.000 liter.

D Hasil susu itu kemudian dikirim untuk perusahaan susu lokal di Indonesia. Selain itu, Kabupaten Kuningan akan direncanakan sebagai pilot project pengembangan persusuan nasional.

Bagikan