Ini Alasan Barcelona Jual Maradona ke Napoli

Barcelona, etalaseinfo.com – Diego Maradona pernah menjadi bagian dari Barcelona. Akan tetapi, legenda Timnas Argentina itu dijual ke Napoli dua tahun kemudian.

Maradona dibeli Barcelona pada bursa transfer musim panas 1982. Maradona ditebus dari Boca Juniors dengan biaya yang mencapai 7,3 juta euro.

Nilai sebesar itu menjadikan Maradona sebagai pemain termahal dunia. Bersama Blaugrana, Maradona mencetak 38 gol dari 58 pertandingan di seluruh ajang.

Selama dua musim membela Barcelona, Maradona meraih tiga gelar juara. Satu di antaranya adalah Copa del Rey pada musim 1982–83.

Barcelona kemudian menjual Maradona ke Napoli dengan biaya 12 juta euro pada 1984. Presiden Blaugrana saat itu, Josep Lluis Nunez menjelaskan alasan mengapa Maradona dijual.

Nunez menjual Maradona ke Partenopei adalah karena uang dan masalah narkoba. Selain itu, sang presiden juga menilai Maradona tidak mempunyai citra yang bagus untuk klub.

“Saya mendapat keluhan dari polisi, yang datang dan mengatakan kepada saya untuk sangat berhati-hati dengan masalah itu (Maradona menggunakan narkoba),” ujar kata Nunez dalam wawancara kepada TV3 beberapa tahun lalu.

“Saya berbicara dengan Maradona, yang mengatakan tidak, itu tidak benar. Setidaknya itulah yang dia katakan kepada saya. Barcelona harus memiliki pemain dengan citra yang bagus, yang tidak mencari konflik dan menguntungkan citra klub.

Di Italia, Maradona dikenal sebagai legenda Napoli. Pasalnya, ia adalah pemain yang mampu mengantarkan Partenopei untuk pertama kalinya menjuarai Serie A.

Maradona berhasil mengantarkan Napoli menjadi juara Serie A pada musim 1986-87. Ketika itu, mereka unggul tiga poin atas Juventus di puncak klasemen.

Pada musim kompetisi 1989-1990, Napoli kembali merajai Serie A. Maradona lagi-lagi menjadi tokoh penting di dalamnya.

Selama tujuh musim berkarier di Napoli, Maradona mencatatkan 258 penampilan. Mantan pemain Boca Juniors itu melesakkan 115 gol dan 27 assist.

Jumlah tersebut menjadikan Maradona sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk Napoli selama bertahun-tahun. Torehan gol tersebut pada akhirnya bisa dipecahkan Marek Hamsik pada 2017.

Selain Serie A, Maradona juga memenangkan trofi Coppa Italia dan Piala Super Italia bersama Napoli. Mereka juga berhasil mengangkat Piala UEFA. (BN)

Bagikan