Ini Efeknya Jika Kamu Kebanyakan Minum Kopi

Jakarta – Minum kopi jadi andalan banyak orang di pagi hari agar tubuh berenergi. Tetapi jika konsumsinya melebihi takaran yang dianjurkan, ada efek negatifnya.

Asupan kafein tak hanya dari kopi, banyak minuman kini ditambahkan kafein. Seperti minuman energi, permen karet, popcorn hingga beberapa jenis saus botolan. Tetapi asupan yang populer dari kopi.

Menurut saran para ahli nutrisi juga US Food & Drug Administration (FDA) batasan maksimal konsumsi kafein per hari 400 mg. Untuk kopi takarannya 4-5 cangkir per hari. Studi di America Journal of Preventive Medicine pada tahun lalu memberikan konfirmasi kenaikan konsumsi minuman energi.

Sementara National Coffee Association melaporkan bahwa 62% orang Amerika minum kopi tiap hari atau mengalami kenaikan 5% sejak tahun 2015. Bahkan diprediksi sejak pandemi corona konsumsi kopi di dunia juga mengalami peningkatan.

Kopi menjadi andalan untuk mengawali pagi, memberi energi tambahan di sore hari dan menjadi minuman andalan saat lembur di larut malam. Lalu apa bagaimana kafein ini mempengaruhi tubuh?

Bagikan