Jadi 6 Orang, Warga Lamtim yang Terpapar Covid-19 Bertambah Dua

Hasil Tes Rapid Tujuh Warga Berkontak Langsung Dengan Pasien 10 Dan 11 Nonreaktif

Sukadana – Warga Lampung Timur yang terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah dua orang lagi sehingga kini jumlah totalnya menjadi enam orang. Kedua pasien tambahan itu menjadi pasien 05 dan 06.

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Lamtim, Mashur Sampurna Jaya, menjelaskan pasien 05 merupakan warga Kecamatan Margasekampung, berjenis kelamin perempuan berusia 26 tahun. Pasien yang baru pulang ke kampung halamannya itu diketahui positif terpapar Covid-19 berdasarkan hasil tes swab dari Laboratorium Genetics Indonesia, Kota Tangerang, pada Sabtu, 5 September 2020.

Pasien 05 ini sudah dijemput Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Lamtim pada Rabu pagi, 9 September 2020. Saat ini pasien 05 dengan keluhan kepala pusing tersebut sudah menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Sukadana.

“Untuk sementara kondisi pasien 05 yang merupakan orang tanpa gejala (OTG) ini cukup stabil dan hanya mengeluh pusing kepala,” katanya, Rabu, 9 September 2020.

Selanjutnya, kata Mashur, pasien 06 merupakan warga Kecamatan Raman Utara, berjenis kelamin perempuan paruh baya pemilik pabrik beras di Kecamatan Raman Utara.

Pasien 06 ini positif terpapar Covid-19 berdasarkan hasil tes swab di Klinik Khusus Paru-paru dan Pernapasan Medina di Bandar Lampung ini setelah kedatangan keponakannya dari Bogor.

Beberapa hari setelah kedatangan keponakannya tersebut, pasien 06 ini mengalami sesak napas dan pneumonia kemudian berobat ke Klinik Khusus Paru-paru dan Pernapasan Medina di Bandar Lampung. Hasil pemeriksaan swab di klinik tersebut, Senin, 7 September 2020, pasien 06 ternyata positif Covid-19.

Pasien 06 kemudian dirujuk ke RSU A Yani pada Selasa, 8 September 2020. Di RSU A Yani pesien 06 ini kembali menjalani tes swab dan hasilnya tetap sama yaitu positif Covid-19. Saat ini pasien 06 ini sedang menjalani perawatan di ruang isolasi di sebuah rumah sakit di Kota Metro.

Dia menambahkan untuk pasien 05 Tim Gugus Tugas sedang melakukan pendataan dan tracing orang-orang yang pernah kontak erat dengan pasien. Untuk pasien 06, dari hasil pendataan tercatat delapan orang terdiri dari keluarga dan karyawan pabrik yang kontak erat dengan pasien.

“Kepada delapan orang tersebut diminta untuk isolasi mandiri dan akan dilakukan rapid test dan swab.  (LP)

Share