Jelang Idul Fitri, BI Lampung Siapkan Rp4,36 Triliun

Bandar Lampung – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Lampung menyiapkan uang layak edar sebesar Rp4,36 triliun untuk periode Ramadan dan Idulfitri 2020.

Kebutuhan uang layak edar telah memperhatikan kebutuhan uang dalam rangka penyaluran bantuan program keluarga harapan (PKH) Dan bentuk bantuan-bantuan pemerintah lainnya dalam rangka penanganan dampak pandemi Covid-19.

Dimana perkiraan kebutuhan uang layak edar pada periode Ramadan 2020 saat ini mengalami penurunan sebesar 9,56 persen, dibanding realisasi distribusi uang layak edar pada periode Ramadan 2019 lalu, yaitu sebesar Rp4,82 triliun.

“Di tahun sebelumnya, belum ada penurunan karena selama ini kebutuhan uang layak edar terus meningkat meski mengalami perlambatan karena meningkatnya aktifitas perekonomian masyarakat, sehingga difasilitasi dengan penambahan jumlah uang,“ ujar Kepala KPw BI provinsi Lampung, Budiharto Setyawan.

Mengenai penurunan, lanjut dia, pertumbuhan Ekonomi Lampung yang cukup rendah. Selain itu juga aktifitas perekonomian di beberapa daerah mengalami penurunan, semenjak protokol kesehatan mulai diterapkan sehingga mempengaruhi kegiatan perekonomian.

Ia juga menjelaskan, dengan mempertimbangkan aspek kesehatan masyarakat dan himbauan untuk menjaga jarak dalam mitigasi penyebaran covid-19, pada periode ini KPw BI provinsi Lampung memutuskan untuk tidak menyediakan pelayanan penukaran uang langsung kepada masyarakat di berbagai lokasi keramaian umum.

Pelayanan penukaran uang kepada masyarakat akan disediakan oleh kantor-kantor bank di seluruh provinsi Lampung. “Terdapat 169 kantor bank di seluruh provinsi lampung yang akan membuka layanan penukaran uang kepada masyarakat. Terdiri dari 33 kantor cabang utama, 60 kantor cabang, 60 kantor cabang pembantu dan 16 kantor kas,“ katanya. (LP)

Share