Jerman Kembali Raih Hasil Imbang Melawan Swiss

Swiss Vs Jerman 2 169

Basel – Timnas Jerman kembali meraih hasil imbang setelah sempat unggul duluan. Kali Die Mannschaft diimbangi Swiss 1-1.

Pada pertandingan kedua Liga A Grup 4 UEFA Nations League antara Swiss vs Jerman yang dihelat di St Jakob Park, Senin (7/9/2020) dini hari WIB, tuan rumah memang kalah penguasaan bola 47 persen berbanding 53 persen milik Jerman.

Tapi, Swiss lebih menyerang dengan total 20 attempts, enam on goal, sementara Jerman cuma punya empat attempts on target dari total 14. Jerman unggul duluan di babak pertama lewat gol Ilkay Guendogan.

Sementara, Swiss membalas lewat Silvan Widmer di babak kedua. Jerman yang cuma menambah satu poin tertahan di posisi ketiga klasemen dengan dua poin, sementara Swiss masih di dasar klasemen dengan satu poin.

Ini jadi hasil imbang kedua Jerman setelah hasil serupa saat menghadapi Spanyol Jumat dini hari WIB kemarin.

Jerman tidak melakukan banyak perubahan susunan pemain ketimbang saat diimbangi Spanyol 1-1. Cuma Kevin Trapp dan Emre Can yang digantikan Bernd Leno dan Matthias Ginter.

Punya kualitas skuat lebih baik, Jerman coba menekan sejak menit awal. Di menit ketujuh Yann Sommer sudah berjibaku saat menepis bola sepakan Leroy Sane. Di menit ke-12 giliran Haris Seferovic nyaris bikin gol untuk Swiss andaikan bola tembakannya tak dihalau Leno.

Jerman unggul duluan pada menit ke-14 lewat Guendogan. Serangan Jerman dibangun dari sisi kanan saat Julian Draxler memberikan bola kepada Ginter yang kemudian mengoper kepada Guendogan, yang menuntaskan lewat sepakan terukur dari luar kotak penalti ke pojok gawang.

Tertinggal 0-1 membuat Swiss makin bernafsu menyerang. Seferovic dan Breel Embolo beberapa kali mendapat kans bikin gol. Pada menit ke-28, Djibril Sow memberikan umpan matang kepada Seferovic yang berdiri bebas.

Sayangnya sepakan Seferovic malah melebar dari sasaran. Jerman membahayakan lagi gawang Sommer di menit ke-32. Timo Werner memberikan umpan tarik yang disambut sepakan Julian Draxler tapi bisa diadang Sommer.

Peluang terbaik Swiss didapat Seferovic pada menit ke-42. Swiss membangun serangan dengan rapi dan mampu mendapat celah di pertahanan Jerman, ketika Seferovic menerima umpan terobosan rekannya tapi bola tembakannya menerpa tiang.

Skor 1-0 untuk keunggulan Jerman bertahan hingga turun minum.

Jerman masih mendominasi permainan di awal babak ini dan hampir membuat gol di menit ke-52. Ginter dari sisi kanan mengirimkan bola ke tengah kotak penalti dan Draxler menerimanya tapi bola sepakannya keburu diblok bek lawan.

Lima menit berselang, Swiss bisa juga menyamakan skor 1-1. Swiss membangun serangan dengan tenang dari sisi kiri, lalu Embolo melepaskan umpan tarik yang disambut sepakan first time Silvan Widmer ke gawang Leno.

Jerman langsung membalas di menit ke-60 tapi Sommer mampu menepis tendangan keras Ruediger dari luar kotak penalti. Swiss juga punya kans bikin gol tapi Leno bisa menepis bola tendangan Xhaka.

Xhaka membuat Leno harus susah payah menepis bola sepakan bebasnya di menit ke-84 yang mengarah ke pojok gawang. Dari situasi sepak pojok itu, Swiss bikin kans lagi, lagi-lagi serangan sayap yang memulainya.

Kali ini umpan tarik Steffen menemui Ruben Vargas yang coba menendang bola dengan tumitnya tapi bola masih melebar. Hingga pertandingan Swiss Vs Jerman berakhir, skor 1-1 tak berubah.

Susunan pemain

Swiss: Yann Sommer; Nico Elvedi, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez (Stephane Zuber 64′); Silvan Widmer, Renato Steffen, Djibril Sow (Michel Aebishcer 80′), Granit Xhaka, Loris Benito; Breel Embolo (Ruben Vargas 73′), Haris Seferovic.

Jerman: Bernd Leno; Antonio Rudiger, Niklas Sule (Jonathan Tah 62′), Matthias Ginter; Thilo Kehrer, Toni Kroos, Ilkay Gundogan, Robin Gosens (Emre Can 78′); Julian Draxler; Timo Werner, Leroy Sane (Julian Brandt 45′)

(Dtk)

Share