JOTA-JOTI Nasional 2020 Kwarcab Pringsewu & ORARI Lokal Pringsewu Resmi Dibuka

Pringsewu, etalaseinfo.com – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Pringsewu Dr.H.Fauzi, SE, M.Kom., Akt., CA, CMA membuka kegiatan Jamboree On The Air (JOTA) Nasional ke-83 dan Jomboree On The Internet (JOTI) Nasional ke-41 Tahun 2020 di Sekretariat ORARI Lokal Pringsewu, Jumat (16/10/20).

Turut mendampingi Fauzi, Ketua Dewan Pembina dan Pengawas (DPP) ORARI Lokal Pringsewu Haris Santoso (YB4UGP) beserta jajaran pengurus ORARI Lokal Pringsewu dan Kwarcab Gerakan Pramuka Pringsewu. Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan penyerahan secara simbolis seragam nasional ORARI oleh Ketua DPP ORARI Lokal Pringsewu kepada Ketua Kwarcab Pringsewu.

Dr.H.Fauzi, SE, M.Kom., Akt., CA, CMA (YD4SJB) yang juga sebagai Wakil Bupati Pringsewu menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada ORARI Lokal Pringsewu yang telah banyak mendukung kegiatan kepramukaan khususnya di Kwarcab Pringsewu. Diantaranya adalah dengan memfasilitasi perangkat radio beserta equipment lainnya termasuk tanda panggilan (callsign) khusus terkait kegiatan JOTA dan JOTI.

Menurut Fauzi, pada tahun 2020 ini Kwarcab Pringsewu dengan dukungan dan bantuan ORARI bisa berpartisipasi kembali di kegiatan JOTA-JOTI Nasional sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

Ia juga berharap untuk kedepannya, sinergitas yang telah lama terjalin antara Pramuka dan ORARI dapat lebih erat dan lebih harmonis, dan kegiatan JOTA-JOTI tersebut maupun kegiatan lainnya dapat lebih baik lagi.

Untuk diketahui, kegiatan JOTA untuk pertama kalinya diprakarsai oleh seorang amatir radio dari Inggris bernama Leslie R.Mitchel (G3BHK), dalam rangka memperingati 50 tahun Gerakan Pramuka Dunia (Scout) pada tahun 1957.

Secara teknis, kegiatan JOTA menggunakan perangkat radio amatir, dengan mode CW (morse), maupun SSB, pada high frequency (HF) yakni gelombang 40 dan 80 meter band, dalam rangka memperkenalkan dunia amatir radio dan membantu anggota pramuka (scout) untuk dapat berkomunikasi dengan sesama anggota pramuka lainnya di seluruh dunia, atau untuk JOTA-JOTI Nasional tentunya dengan sesama anggota pramuka dari berbagai provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia melalui perangkat radio amatir.

Begitu pula dengan JOTI, yang pada prinsipnya sama dengan JOTA, namun sesuai dengan namanya Jamboree On The Internet, tentu perangkat yang digunakan adalah melalui fasilitas internet. Untuk kegiatan JOTA-JOTI 2020, Kabupaten Pringsewu memperoleh beberapa tanda panggilan (callsign) khusus YH4SJK, dari YH4SJKA hingga YH4SJKZ. (KMF)

Bagikan