Kamchatka Rusia Diguncang Gempa Bumi 6,2 Magnitudo

Kamchatka Rusia Diguncang Gempa Bumi 6 2 Magnitudo

Moskow – Gempa bumi besar berkekuatan magnitudo 6,2 mengguncang wilayah semenanjung Kamchatka, Rusia, berjarak sekitar 6.200 kilometer dari Moskow, Selasa 15 September 2020. Menurut data Pusat Seismologi Mediterania Eropa (EMSC), episentrum gempa berlokasi 22 km dari wilayah Esso, Rusia.

Dilansir dari Express.co.uk, EMSC mencatat guncangan gempa berada di kedalaman 331 km pada pukul 03.41 waktu Rusia. Sejauh ini tidak ada laporan korban jiwa maupun luka ataupun kerusakan bangunan.
 
Namun menurut ESMC, terdapat setidaknya 14 laporan warga yang mengaku merasakan guncangan gempa. Pengakuan warga berbeda-beda, mulai dari kuatnya gempa serta durasi guncangan.

EMSC mencatat adanya satu laporan warga yang merasakan “guncangan singkat namun kuat” di lantai empat sebuah bangunan. Satu pengakuan lainnya menyebutkan bahwa tanah “bergoyang perlahan untuk waktu lama.”
 
“Saya tidak merasakan apa-apa,” ujar seorang warga di Vilyuchinsk, sekitar 338 km dari episentrum gempa.
 
Menurut catatan EMSC, kekuatan gempa di Kamchatka ini mencapai magnitudo 5,9. Sementara menurut Pusat Riset Geosains Jerman, kekuatan gempa mencapai magnitudo 6,2.
 
Dalam skala perhitungan Michigan Tech University, kekuatan magnitudo 5,9-6,2 masuk kategori “menengah.”
 
Berdasarkakan data VisitRussia, wilayah Kamchatka merupakan “lokasi dengan aktivitas seismik paling aktif di planet Bumi.” Gempa bumi merupakan peristiwa umum di Kamchatka, dan aktivitas geotermal di sana telah memicu fenomena alam seperti gunung berapi, pemandian air panas, dan geyser.
 
Alasan mengapa semenanjung Kamchatka aktif dalam hal gempa bumi adalah karena berlokasi di Cincin Api atau Ring of Fire, sebuah zona dengan aktivitas seismik yang intens. (LP)

Share