Kamus Bahasa Lampung Akan Disempurnakan Disdikbud

Disdikbud Sempurnakan Kamus Bahasa Lampung

Bandar Lampung – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung saat tengah melakukan penyempurnaan terhadap kamus Bahasa Lampung. Hal itu dilakukan dengan bekerjasama dengan Kantor Bahasa Provinsi Lampung.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Disdikbud Lampung Sulpakar, Jumat, 4 September 2020. Ia mengungkapkan, penyempurnaan kamus Bahasa Lampung merupakan upaya dalam menjaga kelestarian bahasa daerah.

“Bahasa daerah merupakan kekayaan daerah yang juga menjadi identitas kedaerahan, tentu hal itu mesti dilestarikan,” kata dia.

Sebelumnya, Lampung telah memiliki kamus bahasa yang diterbitkan pada 2009. Namun, sejak diterbitkannya kamus tersebut belum ada revisi atau pun penyempurnaan kembali.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Lampung Eva Krisna menjelaskan, proses penyempurnaan itu sudah dalam tahap pengumpulan. Tahap selanjutnya, akan dilakukan analisis terhadap kosakata baru yang telah dikumpulkan.

Eva menjelaskan, Renstra Badan Bahasa meminta setiap Kantor Bahasa mengumpulkan 1000 kosa kata baru hingga 2024. Saat ini Kantor bahasa provinsi Lampung telah mengumpulkan 5.000 bahasa dalam 5 tahun terakhir.

Ia mengatakan, program tersebut telah dilakukan oleh kepala Kantor Bahasa sebelumnya, Yanti Riswara. Penyempurnaan kamus bahasa Lampung itu ditargetkan rampung di 2019, namun karena belum mantap dilanjutkan hingga 2020.

“Program ini akan teruskan ditargetkan selesai di 2021, hal ini penting untuk kelestarian bahasa Lampung,” kata dia. (LP)

Share