Kapolres Pringsewu Pimpin Apel Gabungan TNI-Polri Dan Pemkab Dalam Pengamanan Malam Idul Fitri

Pringsewu, etalaseinfo.com (SMSI)  –  Kepolisian resor Pringsewu bersinergi dengan TNI dan pemerintah daerah menggelar apel gabungan pengamanan malam Idhul Fitri 1442 H di komplek tugu gajah Pekon Bukukarto kecamatan Gadingrejo kabupaten Pringsewu. Rabu (12/5/21) sore.

Apel dipimpin Kapolres Pringsewu AKBP Hamid Andri Soemantri, SIK dan wakil Bupati Pringsewu DR Fauzi dan dihadiri danramil Pringsewu Kapten Inf Sanusi, Wakapolres Pringsewu Kompol Leksan Ariyanto, SIk, pimpinan OPD dan diikuti gabungan pleton Kepolisian, TNI, Dishub, Satpol-PP, BPBD dan Tagana.

Wakil Bupati Pringsewu DR Fauzi menyampaikan apel gabungan digelar dalam rangka pengamanan malam Idhul Fitri 1442 H. Menurut wakil bupati, dimalam Idhul Fitri biasanya digunakan masyarakat untuk melakukan takbir keliling. Namun dimasa Pandemi Covid-19 saat ini dirinya berharap masyarakat tidak melakukan kegiatan takbir secara berkeliling dan cukup dilakukan di masjid terdekat.

“Kami selaku pemerintah daerah bersama dengan kepolisian dan TNI siap untuk mengamankan perayaan malam idhul fitri, namun kami berharap masyarakat tidak melaksanakan takbir keliling dan cukup di masjid masjid terdekat saja” ucapnya

Kemudian terkait pelaksanaan Sholah ied, dia menjelaskan bahwa sesuai surat edaran menteri agama dan bupati pringsewu bahwa yang bisa melaksanakan sholat Ied hanya wilayah yang berstatus zona hijau dan zona kuning.

“Namun khusus kabupaten Pringsewu untuk masjid masjid yang berada disekitar jalan protokol diharapkan tidak menggelar sholat Idhul Fitri, sedangkan masjid yang berada didalam perkampungan diperbolehkan namun tetap menerapkan protap prokes secara ketat” ungkap wakil bupati.

Sementara itu Kasat Lantas Polres Pringsewu Iptu Bima Alief Caesar Gumilang, SIK menyampaikan bahwa setelah pelaksanaan apel gabungan akan dilaksanakan patroli skala besar sebagai salah satu bentuk kesiapan petugas gabungan mengamankan malam perayaan Idhul Fitri.

“Lebih kurang 200 personil gabungan kepolisian, TNI dan pemerintah daerah diterjunkan guna mengamankan jalanya perayaan malam Idhul fitri hari ini” ujar kasat lantas.

Dia menjelaskan, selain fokus mengamankan masyarakat yang melaksanakan takbir keliling kegiatan juga bertujuan mencegah segala bentuk tindak kriminalitas dan penyebaran Covid-19.

“Fokus utama adalah mengamankan masyarakat yang merayakan kemenangan dengan takbir keliling, namun juga mencegah segala tindak kriminalitas dan kegiatan lain yang berkaitan dengan pencegahan Covid-19” ungkapnya.

Selanjutnya dirinya mengimbau agar masyarakat tidak merayakan malam Idhul Fitri dengan bertakbir keliling dan cukup dilaksanakan dimasjid terdekat, kemudian menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas diri.

“Lebih baik merayakan malam Idhul Fitri dirumah atau dimasjid terdekat saja guna menghindari potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas maupun penyebaran Covid-19” pungkasnya.

Bagikan