Kasatlantas Polres Lamsel Sebutkan Ada Tiga Faktor Yang Sebabkan Kecelakaan Perlintasan Kereta Api

0
3
Kasatlantas) Polres Lampung Selatan AKP M Kasyfi Mahardika, saat dimintai keterangan, Rabu (6/12019)

Bandarlampung – Kepala satuan lalu lintas (Kasatlantas) Polres Lampung Selatan AKP M Kasyfi Mahardika menyebutkan ada tiga faktor yang sering menjadi penyebab terjadinya kecelakaan di perlintasan sebidang kereta api.

“Tiga faktor tersebut yakni manusia, jalan, dan lingkungan,” katanya pada sosialisasi perlintasan sebidang di Natar, Lampung Selatan, Rabu.

Dia menjelaskan, manusia menjadi salah satu faktor seringnya terjadi kecelakaan di perlintasan sebidang KA sebab adanya masyarakat yang lalai dan tidak menghiraukan rambu-rambu.

Kemudian, faktor jalan, dimana sarana dan prasarana di perlintasan sebidang tidak adanya plang penghalang dan rambu sehingga dapat menyebabkan kecelakaan di perlintasan sebidang.

“Terakhir faktor lingkungan di sekitar perlintasan sebidang yang dijadikan lokasi pasar, pemukiman penduduk dan sekolah bisa juga menjadi penyebab kecelakaan di jalur KAI,” katanya.

Dia menambahkan, ketiga hal tersebut akan dibahas lebih jelas dengan pihak-pihak terkait, “Nanti akan kita bahas lebih rinci, nanti juga akan ada tanya jawab dan sosialisasi dengan masyarakat serta petugas KAI,” katanya.

Jasa Raharja Cabang Lampung melaksanakan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat dan petugas sekitar perlintasan sebidang di Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Camat Natar itu bertujuan agar masyarakat dan petugas di perlintasan sebidang bisa memahami bahwa sering terjadinya kecelakaan KAI.  (Ant)