Kasus Positif Di Lamtim Kini Menjadi 16 Orang

Dua Pasien Covid 9 Di Lamsel Pelaku Perjalanan Dan Miliki Komorbiditas

Sukadana – Jumlah warga Lampung Timur yang konfirmasi Covid-19 bertambah dua orang sehingga kini jumlahnya sudah mencapai angka 16 orang. Jumlah tersebut belum termasuk dua warga Lamtim yang juga terpapar Covid-19 di Jakarta.

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Lamtim, Mashur Sampurna Jaya menjelaskan ke-16 kasus Covid-19 tersebut, delapan merupakan pasien hasil tracing dari pasien 05 berjenis kelamin perempuan yang merupakan perempuan pemilik pabrik beras di  Kecamatan Raman Utara. Dari delapan yang di-tracing, enam di antaranya keluarga dan karyawan pabrik.

“Dua lagi adalah asisten rumah tangga (ART) dan tukang pijat dan keduanya kini menjalani menjalani perawatan di ruang isolasi  RSUD Sukadana,” katanya, Senin, 14 September 2020.

Mashur menyatakan kasus Kecamatan Raman Utara merupakan klaster baru, yaitu pabrik beras. Oleh karena itu, untuk sementara pabrik beras tersebut ditutup dan seluruh karyawannya menjalani isolasi mandiri di rumah pemilik pabrik atau pasien 05.

Dia mengatakan penambahan tiga kasus, yaitu pasien 014 warga Desa Gondangrejo, Kecamatan Pekalongan, laki-laki berinisial EN (26), kemudian pasien 015, warga Kecamatan Brajaselebah laki-laki berusia 20 tahun, lalu yang terbaru pasien 016, warga Raman Utara, laki-laki berusia 18 tahun.

Pasien 014 saat ini sudah menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Sukadana, kemudian pasien 015 menjalani isolasi mandiri di rumah dan pasien 016 menjalani isolasi mandiri di  wilayah Kecamatan Raman Utara.  

Pasien 014 memiliki riwayat perjalanan dari Ogan Komering Ilir, Sumsel, dan pasien 015 memiliki riwayat perjalanan dari Balikpapan, Kalimantan Timur.

Sedangkan untuk warga Lamtim yang terpapar Covid-19 di Jakarta adalah seorang perempuan warga Kecamatan Marga Sekampung dan seorang laki-laki warga Kecamatan Jabung. Keduanya terpapar Covid19 di Jakarta. Mereka pulang ke kampung halamannya dalam kondisi terpapar Covid-19 sehingga kini mereka dirawat di ruang isolasi RSUD Sukadana.

Untuk itu, dengan terus meningkatnya jumlah warga Lamtim yang terpapar Covid-19, Mashur mengimbau seluruh warga Lamtim selalu waspada dan dapat benar-benar disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakat untuk selalu mengenakan masker di mana pun, rajin mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta tidak melakukan perjalanan ke wilayah zona merah Covid-19.

Selain itu, warga juga diminta selalu menjaga kondisi dan stamina tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat dan rajin berolahraga. (LP)

Share