Kasus Terus Bertambah, Pemkab Lamtim Ambil Langkah Antisipasi dan Pencegahan Covid-19

Hasil Tes Rapid Tujuh Warga Berkontak Langsung Dengan Pasien 10 Dan 11 Nonreaktif

Sukadana – Pemerintah Kabupaten Lampung Timur bersama forkompimda dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 setempat terus melakukan berbagai langkah untuk mencegah dan menekan penyebaran virus tersebut. Hal itu dilakukan karena jumlah kasus positif Covid-19 di Lamtim terus bertambah.

“Jumlah kasus positif Covid-19 di Lamtim terus bertambah. Saat ini jumlahnya sudah mencapai 16 orang,” kata Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Lamtim, Mashur Sampurna Jaya, Selasa, 15 September 2020.

Sejumlah langkah pun ditempuh, seperti pendisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat, mendata dan pemeriksaan terhadap orang-orang yang pernah kontak dengan pasien positif Covid-19.

Tracing dan pemeriksaan yang dilakukan sudah mencapai ratusan orang. Terakhir, tracing serta pemeriksaan hingga pengambilan sampel untuk tes swab terhadap puluhan warga Kecamatan Raman Utara menyusul adanya delapan orang di pabrik beras di wilayah tersebut positif Covid-19.

Dia menambahkan langkah lainnya dengan membatasi orang yang hadir maksimal 100 orang dalam setiap kegiatan seremonial, baik acara adat maupun kegiatan hiburan lainnya. “Kemudian mengaktifkan kembali rumah isolasi di setiap desa, mengaktifkan seluruh pos-pos di perbatasan desa, kecamatan hingga kabupaten,” ujarnya.

Selain itu, Tim dari Gugus Tugas juga akan turun langsung menyosialisasikan mengenai Covid-19 serta rencangan peraturan bupati mengenai adaptasi masyarakat dengan tatanan kehidupan baru.

Dia berharap dengan langkah-langkah tersebut ditambah partisipasi serta dukungan penuh dari masyarakat penyebaran Covid-19 di Lamtim dapat diantisipasi, dicegah, dan ditekan seminimal mungkin.  (LP)

Share