Kawah Ijen Dibuka Kembali Untuk Wisatawan Domestik

5e74a47552a87

Banyuwangi – Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen telah dibuka. Namun, pembukaan obyek wisata berkelas internasional itu hanya untuk wisatawan domestik, belum untuk wisatawan mancanegara.

“Belum. Saat ini masih untuk wisatawan domestik dulu,” Kepala BKSDA Wilayah III Jember, Setyo Utomo, ditemui saat acara launching pembukaan kembali Kawah Ijen di Paltuding, Sabtu (11/7/2020).

Menurut Setyo Utomo, pembukaan Kawah Ijen di era new normal tersebut akan terus di evaluasi secara berkala. Pun penerapan protokol kesehatan akan dilakukan secara ketat. Petugas akan benar-benar mencermati setiap pengunjung yang masuk kawasan.

“Nanti dalam perkembangannya, jika kondisinya memang makin membaik, kunjungan untuk wisman juga pasti akan dibuka lagi,” tandas Setyo Utomo.

Tak hanya itu. BKSDA Wilayah III sebagai pengelola TWA Kawah Ijen juga membatasi kunjungan wisatawan. Yakni 50 persen per hari dari kunjungan normal. Jika misalnya per hari sekitar 500 pengunjung, maka di era new normal menjadi 250 pengunjung.

“Per hari sekitar 250 pengunjung. Intinya, 50 persen itu juga berlaku pada hari biasa, hari libur, maupun akhir pekan,” pungkas Setyo Utomo.

Untuk diketahui, Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Jember sebagai pengelola TWA Kawah Ijen secara resmi membuka kembali gunung yang memiliki kawah terbesar di Asia Tenggara itu.

Pembukaan obyek wisata yang memang ditutup selama pandemi Corona tersebut, selain dilakukan BKSDA Wilayah III Jember, juga disaksikan Kepala Bakorwil V Jember R. Tjahjo Widodo, sebagai perwakilan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Pun pemerintah kabupaten penyangga TWA Kawah Ijen, yakni Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi. Untuk Bondowoso diwakili Wakil Bupati Irwan Bactiar Rachmat, sementara Banyuwangi diwakili Sekretaris Daerah Mujiono. (Dtk)

Share