Kecamatan Kalianda Dapat Anggaran Pembangunan Rp75 Miliar

Kalianda, etalaseinfo.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) menggelontorkan anggaran pembangunan untuk Kecamatan Kalianda sebesar Rp75 miliar lebih di tahun 2020.

Besaran anggaran di kecamatan yang memiliki 25 desa dan 4 kelurahan dan merupakan Ibu Kota Kabupaten Lampung Selatan itu, meningkat sekitar 41% persen dari tahun 2019.

Kepastian itu terungkap saat pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Kalianda yang berlangsung di Lapangan Desa Agom, Kamis (13/2/2020).

Berdasarkan data dari Bappeda Lampung Selatan, anggaran yang berasal dari APBD dan APBN itu terdiri dari anggaran pembangunan sebesar Rp.37.133.038.811.

Selain itu, besaran anggaran pembangunan itu ditunjang dengan besarnya Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) yang mencapai Rp.37.956.080.271.

Sementara itu, kegiatan yang dibuka oleh Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, juga turut dihadiri anggota DPRD daerah pemilihan I, Plt Ketua TP PKK Hj. Winarni, serta sejumlah pejabat utama dilingkup Pemkab Lampung Selatan.

Nampak hadir juga tokoh adat saibatin lima marga, Pangeran Marga Legun, Forkopimcam Kalianda, serta para Kepala Desa dan Lurah se-Kecamatan kalianda.

Dalam arahannya, Plt Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto kembali menyampaikan ucapan terima kasih dan mengapresiasi seluruh tokoh adat, tokoh agama, pemuda, dan segenap elemen masyarakat yang antusias hadir dalam Musrenbang kecamatan setempat.

Dirinya juga berharap partisipasi dan dukungan seluruh elemen masyarakat dalam menyukseskan agenda pembangunan yang telah ditetapkan.

“Karena saya ini tidak bisa berdiri sendiri tanpa dukungan dan kebersamaan seluruh elemen masyarakat. Bagaimana dengan kebersamaan, persatuan dan kesatuan, kita bisa melalui berbagai macam musibah hingga menjadi lebih baik seperti saat ini,” ujar Nanang.

Lebih lanjut Nanang menyampaikan, Pemkab Lampung Selatan akan terus berupaya melakukan percepatan pembangunan dengan menciptakan inovasi dan terobosan sehingga Kabupaten Lampung Selatan menjadi daerah yang maju, unggul dan berdaya saing.

“Harapan kita semua sebagai ibu kota kabupaten, Kecamatan Kalianda terus berbenah menjadi lebih baik, pariwisatanya pun semakin baik. Ini yang perlu kita tata. Sehingga akan berdampak kepada perekonomian dan kesejahteraan masyarakat menjadi lebih baik,” tandasnya.

Seperti kecamatan lainnya, di Musrenbang Kalianda, sejumlah pelayanan yang dibuka OPD terkait, seperti posko pelayanan kesehatan gratis, pelayanan perizinan, kependudukan dan catatan sipil, dan pasar murah nampak diserbu warga. (kmf)

Share