Keluarga Bawa Pulang Jenazah Positif Covid-19 Di Pesawaran

Jubir Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Lampung Reihana.

Pesawaran –┬áSeorang warga Pesawaran yang meninggal karena Covid-19 dibawa pulang oleh keluarga. Pasien yang dimaksud adalah pasien 1.108, seorang perempuan usia 64 tahun.

Hal itu diungkapkan oleh Jubir Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Lampung Reihana, Sabtu, 10 Oktober 2020. Karena dibawa pulang oleh keluarga maka pemulasaraan pasien tersebut tidak menggunakan tata laksana protokol Covid-19.

“Pasien meninggal pada 9 Oktober pukul 10.30 di RSUD di Bandar Lampung, keluarga menolak pasien dimakamkan dengan protokol tata laksana Covid-19,” ujar Kadiskes Provinsi Lampung itu.

Ia menjelaskan, pada 6 Oktober pasien datang ke puskesmas dengan keluhan sakit kepala, batuk darah berdagak, dan sesak nafas.

Dilakukan pemeriksaan test IVA dengan hasil positif dengan riwayat kormobid hipertensi. Kemudian pada pukul 19.00 WIB, 8 Oktober dirujuk ke rumah sakit pemerintah di Bandar Lampung.

Gejala yang dirasakan bertambah yakni kembung, tidak nafsu makan, tidak bisa tidur, dan lemas. Pada 9 Oktober, pukul 05.00, kondisi pasien semakin menurun dan dilakukan pemeriksaan kesehatan dan pengambilan swab di IGD.

Namun pasien tak tertolong dan meninggal pada 10.30 WIB.

“Hasil Swab diketahui pukul 16.56 WIB dengan hasil positif,” kata Reihana. (LP)

Bagikan