Kemkominfo Mendorong UMKM Memaksimalkan Penjualan Secara Online

0
2

Bandarlampung – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk memaksimalkan transaksi dagang elektronik (e-commerce) serta pengembangan industri melalui penjualan daring (online).

“E-commerce Indonesia menyumbang 1 dolar AS dari tiap 2 dolar AS yang dibelanjakan di Asia Tenggara. Artinya, e-commerce Indonesia telah menyumbang 50 persen transaksi belanja online di kawasan tersebut,” kata Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Kemaritiman Kemkominfo, Septriana Tangkary pada Forum Sosialisasi Pasar Digital Dan Peningkatan Ekonomi Rakyat di Era 4.0 di Bandarlampung, Kamis.

Disebutkannya nilai itu merupakan yang terbesar di Asia Tenggara. UMKM dapat memanfaatkan marketplace agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Menurut dia, dengan perkembangan digital yang sangat pesat sudah saatnya Indonesia tidak hanya menjadi target pasar.

Ia menjelaskan, dengan semakin banyaknya UKM yang terlibat dalam ekonomi digital melalui pita lebar, bisnis elektronik, media sosial, teknologi awan, dan platform telepon seluler atau ponsel, UKM dapat bertumbuh lebih cepat dari segi pendapatan dan penyediaan lapangan kerja, serta menjadi lebih inovatif dan lebih kompetitif menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Sementara Didi Nofantoro dari Bukalapak pada forum sosialisasi itu memaparkan tip dan trik agar produk UMKM lebih berkualitas sehingga bisa meningkatkan nilai jual produk di marketplace. “Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia,” tambahnya. (Ant)