Keren! Netizen Ini Ubah Semangka Jadi Sashimi Tuna Vegan

Sashimi Vegan 169

Jakarta – Sashimi yang terbuat dari ikan mentah tak bisa dikonsumsi pelaku vegan. Tapi kini mereka bisa menikmatinya dengan mengubah semangka jadi sashimi tuna.

Semangka merupakan buah berukuran besar dengan daging buah berwarna merah terang. Semangka punya kandungan air yang banyak sehingga jadi favorit banyak orang saat musim panas tiba.

Dengan rasa manis dan menyegarkan, banyak orang mengonsumsi semangka langsung begitu saja. Selain itu, semangka juga bisa dijadikan jus atau salad buah. Atau mencampurnya dengan buah dan bahan lainnya menjadi es campur yang segar.

Tak hanya dijadikan sajian dessert, semangka ternyata bisa jadi alternatif sashimi tuna untuk para pelaku vegan. Sashimi semangka ini dibuat oleh netizen bernama Eva yang aktif di TikTok dan Instagram.

Dilansir dari Insider (1/9), Eva merupakan pelaku vegan dimana ia tidak boleh mengonsumsi produk hewani, mulai dari daging hingga seafood. Ia lantas membagikan tutorial membuat sashimi semangka ini ke akun TikTok @vegaliciouslyeva.

Dalam video tersebut ia memotong daging buah semangka seukuran ikan tuna untuk sashimi. Kemudian semangka-semangka tersebut direndam dalam kecap asin.

Sashimi Vegan 4

Setelah direndam kecap asin, barulah dimasak sampai mendidih. Setelahnya, semangka dilumuri biji wijen putih dan hitam di sekelilingnya.

Sashimi semangka itupun disajikan di atas piring bersama timun, mayonnaise, lembaran jahe, dan irisan daun bawang. Warna dan tampilan dari sashimi semangka ini benar-benar mirip dengan ikan tuna.

Tak hanya dijadikan sashimi ala Jepang, semagka yang tampilannya mirip dengan ikan tuna tersebut dijadikan topping untuk rice bowl. Eva menamai kreasinya ‘Vegan Tuna Poke Bowl’. Ia juga menaruh pelengkap berupa timun, edamame, beet root, jahe, biji wijen, dan lainnya.

Sebelumnya semangka juga pernah disajikan dalam bentuk steak yang aman dikonsumsi para pelaku vegan. Steak yang biasannya menggunakan daging sapi ini diganti dengan buah semangka yang ukurannya cukup besar.

Bagian luarnya mirip sekali dengan steak daging sapi pada umumnya. Tapi setelah dipotong, bagian dalamnya masih terlihat merah khas semangka yang segar. Saat itu steak semangka disajikan di Ducks Eater di wilayah East Village, New York. (Dtk)

Share