Ketua TP PKK Dessy Adipati Hadiri Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Lampung

Way Kanan, etalaseinfo.com (SMSI) – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Ny. Hj. Dessy Afriyanti Adipati bersama Tim FORIKAN Kabupaten Way Kanan menghadiri Acara Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2021 di PKK Argo Park Lampung, Sabah Balau Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan, Sabtu (03/04/2021).

Pada acara yang bertujuan untuk memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat luas serta menyebarluaskan informasi tentang ikan, olahan masakan berbahan baku ikan, kandungan gizi dan manfaat gizi ikan bagi kesehatan tersebut dihadiri langsung oleh Ketua TP PKK Provinsi Lampung, Ny. Riana Sari Arinal sebagai Tim Penilai dan diikuti oleh TP PKK dan Dinas terkait Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung.

 alam sambutannya, Ny. Riana Sari Arinal menyampaikan bahwa pada Tahun 2019 prefalensi data balita stunting di Provinsi Lampung sebesar 26,26% dimana sudah berada dibawah rata-rata Nasional sebesar 27,67%, tetapI harus menjadi permasalahan serius karena masih diatas standar minimal WHO  sebesar 20%. Apalagi jika memperhatikan target Nasional pada 2024 adalah 14%.

Peningkatan konsumsi ikan memegang peranan penting dalam peningkatan status gizi masyarakat dan kualitas SDM. Disisi lain peningkatan konsumsi ikan juga akan membantu kesejahteraan masyarakat khususnya ekonomi para nelayan, pembudidaya ikan serta pengolah hasil perikanan melalui optmalisasi pasar dalam Negri.

“Melalui Lomba Masak Serba Ikan ini diharapkan akan menjadi motivasi untuk menciptakan kreasi-kreasi menu baru yang disukai masyarakat khususnya ibu hamil dan anak-anak yang mudah pengolahannya serta bergizi tinggi. Dengan mengkonsumsi ikan, kita harapkan anak-anak lebih cerdas dan aktif, karena dalam ikan terkandung omega 3, asam amino serta vitamin dan mineral yang dapat mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Terkait hal tersebut, Saya minta perlu peningkatan Forum konsumsi ikan atau FORIKAN baik ditingkat Provinsi, Kabupaten/Kota dan Kecamatan sebagai wadah untuk mensinergikan program dan kegiatan serta peran aktif seluruh Pemangku Kepentingan dalam peningkatan konsumsi ikan di Provinsi Lampung”, ujar Ny. Riana Sari Arinal.

 Selanjutnya, Istri Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi itu juga meminta seluruh Kader PKK untuk menjadi pelopor dalam kampanye gemar makan ikan khususnya bagi ibu hamil dan balita sebagai upaya peningkatan status gizi masyarakat, karena nasib Negara ini dimasa depan sangat tergantung dari kualitas anak-anak saat ini.

“Kegiatan ini bukan hanya sekedar lomba untuk menciptakan menu baru, tetapi kedepannya diharapkan dapat menjadi peluang bisnis baru dan peningkatan ketahanan keluarga dari sisi ekonomi, apalagi jika melihat potensi ikan tangkap budidaya di Provinsi Lampung yang sangat melimpah.

Lomba Masak Serba Ikan ini juga sengaja diselenggarakan di Agro Park, kedepan secara bertahap Agro Park ini akan menjadi destinasi edukasi unggulan di Provinsi Lampung, dan sebelum memasuki Bulan Suci Ramadhan semoga sudah bisa dilakukan panen dan penjualan sayur mayur, serta saat Hari Raya semoga Melon, Semangka dan Labu siap panen sehingga menjadi dapat menjadi alternatife wisata keluarga’, jelas Ny. Riana Sari Arinal.(Hms)

Bagikan