Klaster Keluarga Mulai Bermunculan di Lampung

Seluruh Pasien Covid 19 Di Tubaba Sembuh

Bandar Lampung – Jumlah kasus konfirmasi Covid-19 di Lampung terus bertambah dalam beberapa pekan terakhir dengan data pada Selasa, 8 September 2020, sudah berada di angka 466.  Bahkan, kasus baru mulai bermunculan dari klaster keluarga.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Lampung Reihana menjelaskan kasus tersebut muncul karena kurang pemahaman cara isolasi mandiri. Terkait hal itu, ia meminta pasien yang menjalani isolasi mandiri menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Dari hasil evaluasi ada dari hasil tracing kepada anak, orang tua, mertua, bahkan keponakan, artinya ini sudah muncul klaster keluarga,” ujarnya, Selasa, 8 September 2020.

Terkait jumlah, Satgas Penanganan Covid-19 Lampung belum melakukan pendataan secara kumulatif sehingga pihaknya belum mengetahui jumlah klaster keluarga yang ada.

Namun, ia meminta Satgas Penanganan Covid-19 di tingkat kelurahan dan desa turut memantau secara ketat. Jika tempat isolasi mandiri tidak memungkinkan, ia meminta agar pasien dikirim ke rumah sakit.

“Seandainya tempat isolasi mandiri tidak memungkinkan, silakan kirim ke rumah sakit rujukan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Lampung itu. (LP)

Share