KPU Lamsel Datangi SMAN 9 Cek Keabsahan Ijazah Nanang

Kpu Lamsel Datangi Sman 9 Cek Keabsahan Ijazah Nanang

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Selatan menyambangi SMA Negeri 9 Bandar Lampung dalam rangka verifikasi faktual terhadap fotocopy legalisir ijazah milik bakal calon bupati Nanang Ermanto. Dok

Kalianda – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Selatan menyambangi SMA Negeri 9 Bandar Lampung dalam rangka verifikasi faktual terhadap fotocopy legalisir ijazah milik bakal calon bupati Nanang Ermanto, Sabtu, 12 September 2020.

Verifikasi faktual tersebut untuk memastikan keabsahan ijazah milik calon petahana yang merupakan salah satu syarat dalam pendaftaran sebagai calon bupati pada Pilkada Lamsel 2020. Diketahui ijazah milik Nanang Ermanto yang dilampirkan saat mendaftar di KPU Lamsel beberapa hari yang lalu bahwa nama sekolah tidak sama dengan stempel legalisir di ijazah.

Melalui status Whatsapp milik salah satu staff KPU Lamsel, verifikasi itu dilakukan oleh Kordiv Divisi Teknis KPU Lamsel Hendra Apriyansyah bersama staff dan didampingi langsung oleh Anggota Bawaslu Lamsel.

Saat dikonfirmasi, Ketua KPU Lamsel, Ansurasta Razak membenarkan pihaknya hari ini melakukan verifikasi faktual terhadap keabsahan ijazah milik bakal calon bupati Nanang Ermanto di SMAN 9 Bandar Lampung.

“Iya, hari ini kami melakukan verifikasi faktual ke SMAN 9 Bandar Lampung. Tim verifikasi itu di ketuai langsung oleh Divisi Teknis Hendra Apriyansyah bersama Kasubag Teknis yang didampingi Bawaslu Lamsel,” kata dia melalui sambungan telepon, Sabtu.

Ansurasta mengatakan verifikasi faktual itu dilakukan karena ada indikatornya bahwa stempel legalisir diijazah tidak sama dengan nama sekolah. Dimana, ijazah itu berada dari SMAN 5 Tanjungkarang, namun distempel legalisir tertera SMAN 9 Bandar Lampung.

“Kami memastikan ijazah itu sah atau tidak dari yang sekolah melegalisir ijazah itu. Yang jelas, kita memastikan keabsahan ijazah itu. Untuk itu, kita perlu verifikasi faktual langsung di sekolah yang melegalisir. Soalnya yang kami terima bahwa SMAN 5 Tanjungkarang sudah berubah nama menjadi SMAN 9 Bandar Lampung,” kata dia.

Ketika ditanya hasil verifikasi faktual tersebut, Ansurasta mengatakan hingga saat ini dirinya belum menerima laporan dari Tim Verifikator.

“Hasil belum tau. Karena kami juga belum menerima laporan dari tim verifikator,” kata dia.

Sementara itu, Hendra Apriyansyah juga membenarkan dirinya bersama rombongan melakukan verfikasi faktual di SMAN 9 Bandar Lampung. Meski demikian, ia belum bisa memberikan keterangan terkait hasil verifikasi faktual tersebut.

“Iya, kami melakukan verifikasi faktual di SMAN 9 Bandar Lampung. Besok, Minggu, 13 September 2020, aja yang ke Kantor. Besok saya ngantor,” kata dia. (LP)

Share