KPU Lamsel Kekurangan Stiker Model A.A.2-KWK

Kpu Lamsel Kekurangan Stiker Model A A 2 Kwk

Kalianda – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Selatan mengalami kekurangan stiker model A.A.2-KWK dalam tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) pada Pilkada Lamsel 2020. Kekurangan tersebut karena stiker yang dicetak tidak sesuai dengan jumlah kepala keluarga dari Dinas Kependudukan Catatan dam Sipil (Disdukcapil).

Hal tersebut diungkapkan, Komisioner KPU Lamsel, Asma Emilia, saat dihubungi, Rabu, 29 Juli 2020. Dia mengatakan pihaknya telah melakukan pemesanan kembali atas kekurangan stiker model A.A.2-KWK itu. 

“Iya, kami alami kekurangan stiker model A.A.2-KWK. Kekurangan ini karena jumlah data kepala keluarga yang kami terima dari Disdukcapil tidak sama dengan jumlah kepala keluarga di lapangan,” kata dia. 

Asma Emilia mengatakan sebelumnya KPU Lamsel telah mencetak stiker model A.A.2-KWK sebanyak 321.000 lembar sesuai dengan data yang diberikan Disdukcapil. Sedangkan, kekurangannya mencapai mencapai 19 ribu lembar. 

“Sekarang sudah kami pesan kembali stiker model A.A.2-KWK itu. Kami telah memesan sekitar 20 ribu lembar stiker model A.A.2-KWK. Ini kami lebihkan seribuan lembar untuk cadangan kalaupun masih kurang,” kata dia. 

Meski alami kekurangan stiker model A.A.2-KWK, kata Asma, pihaknya memastikan pencoklitan selesai hingga tanggal 13 Agustus 2020. Bahkan, saat ini PPDP tetap melaksanakan tugasnya dalam mencoklit pemilih. 

“Bukan artinya kurang stiker ini PPDP berhenti bekerja. Tapi, kekurangan ini menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi PPDP karena bekerjanya belum selesai,” kata dia. 

Asma menambahkan berdasarkan laporan dari PPK sejak tanggal 15-22 Juli 2020 proses pencoklitan baru mencapai 37,65 persen dari total jumlah 746.503 data pemilih yang akan dicoklit. Meski demikian, Asma memastikan memastikan kegiatan Coklit akan selesai sesuai jadwal yang akan berakhir pada 13 Agustus 2020.

“Belum ada setengah perjalanan. Yang jelas, kami optimis bila petugas PPDP di lapangan bisa menyesuaikan diri dengan tanggungjawab mereka disisa waktu yang ada,” kata dia. (LP)

Share