KPU Lamsel Tunggu Instruksi Soal Pakta Integritas Protokol Covid-19

Kpu Lamsel Tunggu Instruksi Soal Pakta Integritas Protokol Covid 19

Kalianda – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Selatan menunggu instruksi dari KPU Provinsi terkait adanya dorongan dari Bawaslu untuk membuat pakta integritas bakal pasangan calon terhadap kepatuhan protokol kesehatan Covid-19.

Hal tersebut diungkapkan Ketua KPU Lamsel, Ansurasta Razak saat ditemui ruang kerjanya, Rabu, 9 September 2020. Dia mengatakan pihaknya menilai fakta integritas kepatuhan protokol Covid-19 sangat diperlukan untuk menekan klaster baru.

“Tapi, soal fakta integritas protokol kesehatan Covid-19 ini, kami harus menunggu intruksi resmi dulu dari KPU Provinsi dan KPU RI. Ketika ada surat intruksi secara tertulis, jelas kami akan laksanakan,” kata dia.

Ansurasta mengatakan, pihaknya hanya sebagai pelaksana dari jajaran KPU RI sesuai dengan intruksi dan regulasi yang berlaku. Ketika intruksi dan regulasinya terbit, maka KPU Lamsel akan melaksanakannya.

“Kami ini kan hanya sebagai pelaksana. Jadi, kalaupun itu nanti sudah terbit intruksi resmi dan regulasinya ada, ya kita jalankan. Yang jelas, kami tunggu intruksi resmi dulu,” kata dia.

Sementara itu, Koordiv Hukum, Humas dan Data Informasi Bawaslu Lamsel Wazzaki mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan berkordinasi dengan stakeholder terkait (Satgas Covid-19, KPU dan TNI/Polri) untuk mengantisipasi pencegahan pelanggaran Covid-19 pada tahapan penetapan paslon, pengunduian nomor urut, dan kampanye.

“Termasuk berkoordinasi dengan KPU Lamsel dalam penegakan protokol kesehatan Covid-19 ini. Disamping itu, kami juga telah memberikan imbauan dan pencegahan kepada Bapaslon supaya menegakkan protokol kesehatan Covid-19,” ujarnya. (LP)

Share