KPU Lamtim Langsung Verifikasi Berkas Perbaikan Bapaslon

Putusan Sengketa Dukungan Ike Edwin Zam Dikawal 100 Petugas Pengamanan

Sukadana – Tiga bakal pasangan calon (bapaslon) bupati dan wakil bupati Lamtim, telah menyerahkan perbaikan berkas persyaratan kepada KPU Lampung Timur sesuai batas waktu yang ditentukan, Rabu, 16 September 2020.

Perbaikan berkas persyaratan dari tiga bapaslon bupati dan wakil bupati yang telah disampaikan tersebut selanjutnya akan diverifikasi kembali oleh KPU Lamtim.

Komisioner KPU Lamtim, Desman Yusri, menjelaskan berdasarkan hasil verifikasi administrasi yang telah dilakukan sebelumnya, berkas persyaratan tiga bapaslon, yaitu Zaiful Bokhari-Sudibyo, Yusran Amirullah-Benny Kisworo, dan M Dawam Rahardjo-Azwar Hadi, semuanya masih harus dilakukan perbaikan.

“Perbaikan itu harus dilakukan karena sejumlah berkas masih belum memenuhi persyaratan, seperti  ijazah belum dilegalisasi dan penulisan NIK tidak sesuai dengan NPWP.  Kemudian, kesalahan penulisan nama dan NIK pada formulir B2KWK,” katanya, Rabu, 16 September 2020.

Karena itulah, melalui rapat pleno KPU Lamtim, berkas persyaratan yang masih harus diperbaiki itu dikembalikan lagi melalui LO dan parpol pengusung. Kemudian ketiga bapaslon diberi kesempatan memperbaiki dan menyerahkan perbaikan berkas persyaratan dimaksud sejak 14 hingga 16 September 2020.

Sesuai dengan jadwal yang ditentukan, ketiga bapaslon tersebut pada Selasa, 15 September 2020, telah kembali menyerahkan perbaikan berkas persyaratan ke KPU Lamtim.

Berkas persyaratan yang telah diperbaiki tersebut, kata Desman Yusri, selanjutnya akan diverifikasi kembali mulai 16 hingga 22 September 2020. Lalu jika dari hasil verifikasi tersebut ternyata tidak memenuhi syarat, bapaslon dinyatakan gugur.

Selanjutnya bapaslon yang berdasarkan hasil verifikasi dimaksud memenuhi persyaratan, akan ditetapkan menjadi calon. Untuk penetapan bapaslon yang memenuhi persyaratan tersebut rencananya akan dilaksanakan pada Kamis, 23 September 2020. (LP)

Share