“Lahan Sikam” Inovasi Startup Lampung

0
1
Sejumlah karyawan serta dua orang pendiri "Lahan Sikam" fintech, di Bandarlampung, Jumat 28/02/2020

Bandar Lampung – Sejumlah pemuda Lampung membangun startup bidang pembiayaan, memanfaatkan pasar potensial fintech Lampung.

“Lahan Sikam merupakan pelopor startup bidang pembiayaan berbasis teknologi hasil inovasi empat orang pemuda asli Lampung. Dengan latar belakang perbankan, dan bertujuan untuk membantu menyejahterakan masyarakat,”. Ujar salah seorang pendiri Lahan Sikam fintech, Dody Setiyawan, di Bandarlampung, Jumat.

Ia mengatakan, startup bidang pembiayaan mulai beroperasi sejak pertengahan tahun 2019, dengan memanfaatkan pasar potensial industri fintech di Lampung.

“Pada awal beroperasi Lahan Sikam belum banyak peminat, sebab masyarakat masih memiliki stigma negatif terhadap fintech. Sedangkan Lampung memiliki pasar potensial di bidang pembiayaan berbasis teknologi, sebab belum banyak pelaku fintech,”katanya.

Menurutnya, Lahan Sikam fokus pada segmentasi pasar UMKM, pertanian, serta karyawan dan tidak mengunakan agunan ataupun bunga. 

“Segmentasi kami fokus pada pembiayaan bagi masyarakat dengan umur produktif seperti para pelaku UMKM, pertanian, ataupun karyawan, semua dilakukan dengan mudah tanpa agunan serta bunga,” katanya.

Ia mengatakan, fintech inovasi pemuda Lampung saat ini memiliki anggota sebanyak 3.000 orang, dan terus melakukan edukasi mengenai cara membedakan fintech legal dan ilegal. 

“Jumlahnya hingga saat ini telah mencapai 3.000 orang anggota, dan tentu kami legal terdaftar resmi di OJK, sehingga memiliki kewajiban untuk mengedukasi masyarakat, “ujarnya. (Ant)