Lambar Mulai Terapkan Protokol Kesehatan di Pasar Tradisional

Liwa – Sejak diberlakukannya protokol kesehatan pencegahan covid-19, seluruh pengelola pasar tradisional di Lampung Barat telah menyiapkan sarana cuci tangan. Pedagang juga telah dibagi masker sehingga tidak ada alasan lagi bagi mereka untuk tidak menggunakan masker.

“Kami sudah menyampaikan imbauan kepada para pedagang melalui pengelola pasar untuk mengikuti protokol kesehatan yaitu mengunakan masker,” kata Kadis Koperindagpas Lambar Yudha Setiawan, Selasa, 5 Mei 2020.

Ia menambahkan, khusus tentang pengaturan jarak duduk antar pedagang satu dengan pedagang lainnya, untuk pasar di Lambar selama ini memang sudah saling berjauhan.

“Jarak pedagang rata-rata dua meter, bahkan ada yang sampai tiga meter. Hal ini karena lokasi dan kondisi pasar di Lambar memang tidak ramai seperti pedagang pasar di kota-kota lainnya,” kata dia.

Apalagi sejak terjadi wabah covid-19 pedagang pun sudah banyak berkurang. Kendati demikian lanjut dia, untuk antisipasi kemungkinan ada pedagang yang baru maka ketentuannya diserahkan ke pengelola pasarnya.

Untuk sarana cuci tangan, kata dia, di pasar Liwa disiapkan di dua titik yaitu di pintu gerbang pasar. Kemudian depan kantor pengelola pasarnya. Demikian juga pasar-pasar ditempat lainya juga sudah disediakan tempat cuci tangan dan pembagian masker kepada pedagangnya. (LP)

Share