Lampung Akan Upayakan Rapid Test dan Swab Secara Mobile

Lampung Upayakan Rapid Test Dan Swab Secara Mobile

Plt. Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek Provinsi Lampung, Reihana di Posko Satgas Penanganan Covid-19 Lampung, Jumat 4 September 2020.

Bandar Lampung – Pemerintah Provinsi Lampung terus berupaya untuk meningkatkan fasilitas kesehatan dalam rangka percepatan penanganan dan pengendalian penyebaran pandemi covid-19 di Bumi Ruwai Jurai. Oleh sebab itu pihaknya sedang mengupayakan untuk terealisasinya fasilitas rapid test dan swab secara mobile.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi. Ia mengatakan bahwa pihaknya terus meningkatkan fasilitas rapid test dan swab secara mobile. Pihaknya akan berkerjasama dengan berbagai pihak untuk mewujudkan hal tersebut. Dengan begitu harapannya masyarakat bisa terlayani dengan cepat dan praktis.

“Dengan adanya fasilitas mobile, maka bila ada orang yang mau diswep langsung cepat dilakukan. Atau bila ada sidak diwilayah tertentu bisa langsung dilakukan rapid dan swab,” kata Arinal, Jumat, 4 September 2020.

Kemudian Arinal mengatakan bahwa rapid test dan swab mobile ini bisa dioptimalkan demi keselamatan masyarakat banyak. “Dengan harapan bisa murah dan mudah. Kalau orang datang kerumah sakit banyak pertimbangan, kalau bisa mobile maka lebih praktis,” kata Arinal.

Sementara itu Plt. Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek Provinsi Lampung, Reihana mengatakan bahwa ada penawaran Kerjasama Operasional (KSO) dari PT. Indofarma Tbk untuk Mobile PCR. Nantinya mobil tersebut akan bergerak langsung menemui masyarakat diberbagai titik stategis sesuai jadwal sehingga bisa melayani masyarakat.

“Saya menyampaikan kepada Pak Gubernur bahwa ada proposal masuk KSO dari Indofarma untuk Mobile PCR. Apalagi banyak permintaan masyarakat untuk pelaksanaan rapid dan swap secara mandiri untuk mengetahui apakah covid atau tidak. Nanti kerjasama juga dengan Labskeda, ini baru tahap pembicaraan kepada pimpinan, kalau setuju akan kita tindak lanjuti,” katanya. (LP)

Share