Lampung Ngopi Bangun Literasi di Desa Margasari

Lampung Ngopi Bangun Literasi Di Desa Margasari

Sukadana – Komunitas Lampung Ngobrol dan Berpikir (Ngopi) kembali melaksanakan Pengabdian Jilid III di Desa, Margasari, Lampung Timur. Agenda yang dilakukan mulai 24 Agustus – 3 September 2020 itu sebagai upaya membangun minat literasi di masyarakat.

Margasari merupakan desa yang berada di wilayah pesisir Lampung Timur kecamatan Labuhan Maringgai. Akses pendidikan di wilayah tersebut tak semudah akses di perkotaan.

Ketua Lampung Ngopi Iqbal Agung Persada menyampaikan, sekolah yang bisa diakses dengan hanya sampai jenjang SMP. Selain itu, sekolah terdekat pun tidak memiliki fasilitas pendidikan layaknya di kota.

Menurutnya, pendidikan adalah elemen penting dalam membangun sebuah bangsa. Untuk itu, lanjutnya, penting menumbuhkan kesadaran literasi masyarakat khususnya pada anak.

“Saya harap kegiatan ini mampu terlaksana secara maksimal dan mampu menumbuhkan kesadaran literasi di masyarakat desa,” kata dia, Selasa, 25 Agustus 2020.

Sementara Ketua Pelaksana Kegiatan Laura Salsabila menuturkan, kegiatan diawali dengan menyerap aspirasi dari masyarakat khususnya pemuda. Hal itu dilakukan guna mengetahui keluhan dan kebutuhan terkait literasi.

“Jadi kegiatan selama agenda pengabdian ini kita sesuaikan dengan kebutuhan dan karakter anak di desa Margasari,” pungkasnya. (LP)

Share