Langgar Perda, Pemkab Lamsel Tutup TPS di Way Apus

Pemkab Lamsel Tutup Tps Di Way Apus Karena Melanggar Perda

Satpol Pamong Praja Lampung Selatan menutup tempat pembuangan sampah di Dusun Way Apus, Bakauheni, lantaran melanggar perda, Senin, 7 September 2020.

Kalianda – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan menutup tempat pembuangan sampah (TPS) di Dusun Way Apus, Kecamatan Bakauheni, Senin, 7 September 2020. Penutupan yang dilakukan Satuan Polisi Pamong Praja tersebut karena TPS tersebut melanggar peraturan daerah (perda).

Menurut Kepala Seksi Penyelidikan Satpol PP Lampung Selatan, Sri Ngatin, selain melanggar perda, keberadaan tumpukan sampah itu juga sangat meresahkan warga dan berdampak pada pencemaran lingkungan.

“Pengelola TPS ini sudah jelas melanggar Perda tentang Pengelolaan Sampah. Selain itu, melanggar ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat. Oleh karena itu, TPS ini kami tutup, ” kata Sri Ngatin, Senin, 7 September 2020.

Sedangkan Kepala Desa Bakauheni Sahroni mengatakan pihaknya mendukung kebijakan Pemkab Lampung Selatan menutup TPS tersebut. Sebab, selama ini bau busuk dari tumpukan sampah telah mengganggu kenyamanan masyarakat sekitar lokasi pembuangan sampah. 

“Saya sangat setuju dengan penutupan TPS tersebut. Sebab, selama ini memang sangat mengganggu masyarakat,” katanya.  

Dengan penutupan lokasi ini, ujar dia, pemerintahan desa  telah menyiapkan lokasi baru TPS yang tidak merugikan pihak lain atau masyarakat sekitar.  “Kami harap lokasi baru TPS itu nantinya tidak akan merugikan banyak orang seperti TPS sebelumnya,” ujarnya. (LP)

Share